KETENTUAN DAN SYARAT PENERBITAN ARTIKEL OLEH PT DIGITAL BACA INTERAKTIF

KETENTUAN DAN SYARAT PENERBITAN ARTIKEL INI (‘KETENTUAN DAN SYARAT”) BERLAKU DAN MENGIKAT SEBAGAI PERJANJIAN ANTARA [PT DIGITAL BACA INTERAKTIF] (“PENERBIT”) DENGAN KONTRIBUTOR YANG MENGGUNAKAN LAYANAN PENERBITAN MILIK PENERBIT. BAGI KONTRIBUTOR YANG BERUSIA DI BAWAH 21 TAHUN WAJIB DIDAMPINGI OLEH WALI DAN/ATAU ORANG TUA KONTRIBUTOR PADA SAAT MEMBACA KETENTUAN DAN SYARAT INI.

KONTRIBUTOR (BERSAMA ORANG TUA DAN/ATAU WALINYA, APABILA DIPERLUKAN) WAJIB MEMBACA DAN SEPENUHNYA MENGERTI SELURUH ISI DARI KETENTUAN DAN SYARAT INI SEBELUM MULAI MENGGUNAKAN LAYANAN PENERBITAN [PT DIGITAL BACA INTERAKTIF]. APABILA KONTRIBUTOR TELAH MEMBERI TANDA PERSETUJUAN DI BAWAH KETENTUAN DAN SYARAT INI DAN/ATAU MENERBITKAN ARTIKEL MELALUI LAYANAN [PT DIGITAL BACA INTERAKTIF], BERARTI KONTRIBUTOR TELAH MENGERTI ISI DARI KETENTUAN DAN SYARAT INI DAN SETUJU UNTUK TUNDUK DAN TERIKAT PADA KETENTUAN DAN SYARAT INI.


A.DEFINISI

Kecuali ditentukan lain, dalam Ketentuan dan Syarat ini yang dimaksud dengan:

  1. Kontributor adalah pihak yang memberikan kontribusi berupa Ciptaan, baik dalam kedudukannya sebagai pemilik Hak Cipta dan/atau pihak yang menerima hak tersebut secara sah dari Pencipta, dan/atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menerima Hak Cipta tersebut secara sah sehingga sah dan berwenang memberikan lisensi kepada Penerbit.
  2. Penerbit adalah [PT Digital Baca Interaktif], yang menyediakan Layanan dan menerima kontribusi berupa Ciptaan dari Kontributor.
  3. Ciptaan adalah setiap hasil karya cipta di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra yang dihasilkan atas inspirasi, kemampuan, pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang diekspresikan dalam bentuk nyata.
  4. Hak Cipta adalah hak eksklusif Pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu Ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan.
  5. Pencipta adalah seorang atau beberapa orang yang secara sendiri-sendiri atau bersama-sama menghasilkan suatu Ciptaan yang bersifat khas dan pribadi.
  6. Program Komputer adalah seperangkat instruksi yang diekspresikan dalam bentuk bahasa, kode, skema, atau dalam bentuk apapun yang ditujukan agar komputer bekerja melakukan fungsi tertentu atau untuk mencapai hasil tertentu.
  7. Program Terafiliasi adalah Program Komputer milik pihak lain yang mengakses Program Komputer milik Penerbit
  8. Potret adalah karya fotografi dengan objek manusia.
  9. Pengumuman adalah pembacaan, penyiaran, pameran, suatu Ciptaan dengan menggunakan alat apapun baik elektronik atau non elektronik atau melakukan dengan cara apapun sehingga suatu Ciptaan dapat dibaca, didengar, atau dilihat orang lain.
  10. Penggandaan adalah proses, perbuatan, atau cara menggandakan satu salinan Ciptaan dan/atau fonogram atau lebih dengan cara dan dalam bentuk apapun, secara permanen atau sementara.
  11. Penyiaran adalah pentransmisian suatu Ciptaan atau produk Hak Terkait tanpa kabel sehingga dapat diterima oleh semua orang di lokasi yang jauh dari tempat transmisi berasal.
  12. Komunikasi kepada publik yang selanjutnya disebut Komunikasi adalah pentransmisian suatu Ciptaan, pertunjukan, atau fonogram melalui kabel atau media lainnya selain Penyiaran sehingga dapat diterima oleh publik, termasuk penyediaan suatu Ciptaan, pertunjukan, atau fonogram agar dapat diakses publik dari tempat dan waktu yang dipilihnya.
  13. Royalti adalah imbalan atas pemanfaatan hak ekonomi suatu Ciptaan atau Produk Hak Terkait yang diterima oleh Pencipta atau pemilik Hak Terkait.
  14. Penggunaan Secara Komersial adalah pemanfaatan Ciptaan dan/atau produk Hak Terkait dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan ekonomi dari berbagai sumber atau berbayar.
  15. Hari adalah hari kalender.
  16. Layanan adalah jasa yang disediakan oleh Penerbit untuk Pengumuman dan/atau Penggandaan atas Ciptaan yang diterima dari Kontributor melalui Program Komputer, baik milik sendiri maupun melalui Program Terafiliasi, atau dengan cara lain.
  17. Konten adalah kumpulan Ciptaan yang diterima oleh Penerbit dari Kontributor, baik yang telah melalui Pengumuman dan/atau Penggandaan maupun belum.
  18. Hak Jawab adalah hak seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya.
  19. Hak Koreksi adalah hak setiap orang untuk mengoreksi atau membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh pers, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain.
  20. Kewajiban Koreksi adalah keharusan melakukan koreksi atau ralat terhadap suatu informasi, data, fakta, opini, atau gambar yang tidak benar yang telah diberitakan oleh pers yang bersangkutan.
  21. Akun adalah akun keanggotaan Kontributor untuk dapat menggunakan Layanan.
  22. Ketentuan dan Syarat adalah Ketentuan dan Syarat Penerbitan Artikel oleh [PT Digital Baca Interaktif] termasuk setiap penambahan dan/atau perubahan yang telah berlaku efektif atau akan berlaku efektif di kemudian hari.

B.PERSYARATAN UMUM

  1. Kontributor wajib tunduk dan melaksanakan Ketentuan dan Syarat ini selama Kontributor masih memiliki Akun dan/atau menggunakan Layanan.
  2. Ketentuan tentang Jaminan Kontributor, Pemanfaatan Konten Oleh Penerbit, Kerahasiaan, Pilihan Hukum dan Penyelesaian Sengketa, dan Pemberitahuan masih tetap berlaku dan mengikat Kontributor walaupun Akun telah dihentikan sementara atau dihapus, Kontributor tidak lagi menggunakan Layanan, dan/atau Ciptaan tidak lagi termasuk dalam Konten.

C.AKUN ANGGOTA

  1. Setiap Kontributor wajib melakukan registrasi keanggotaan dengan membuat Akun untuk menggunakan Layanan dan memberikan kontribusi Ciptaan kepada Penerbit melalui Akun tersebut.
  2. Kontributor wajib memberikan informasi akurat, sesuai dengan data sebenarnya, dan termutakhir untuk pembuatan Akun. Kontributor wajib melakukan pemutakhiran data apabila terdapat perubahan data atas Kontributor.
  3. Penerbit berhak (tetapi tidak wajib) untuk melakukan verifikasi data/ informasi yang diberikan oleh Kontributor.
  4. Kontributor bertanggung jawab penuh atas Akun miliknya, termasuk tetapi tidak terbatas pada akses dan akibat penggunaan Akun tersebut.

D.PERSYARATAN UNTUK KONTRIBUSI CIPTAAN

  1. Tanpa mengesampingkan pemenuhan ketentuan lain dalam penggunaan Layanan, Kontributor dengan ini menjamin dan memastikan bahwa setiap Ciptaan diserahkan kepada Penerbit TIDAK bermuatan, antara lain: (i) materi yang mengandung unsur plagiarisme atau melanggar hak pihak lain manapun; (ii) materi yang memuat isi bohong, fitnah, sadis, cabul; (iii) materi untuk memuaskan hasrat seksual; (iv) materi yang membahayakan anak-anak; (v) materi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA), serta menganjurkan kekerasan dan/atau kegiatan berbahaya; (vi) materi yang mengandung ancaman, gangguan, penghinaan, dan/atau pelecehan; (vii) materi yang dapat memicu kebencian; (viii) materi yang memuat isi diskriminatif atas perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani; (ix) hal-hal yang bersifat sensitif; (x) materi yang mempromosikan kegiatan yang melanggar hukum.
  2. Kontributor dengan ini menjamin dan memastikan bahwa setiap Ciptaan yang diserahkankan kepada Penerbit tidak mengandung unsur-unsur berbahaya yang dapat menimbulkan kerugian dan/atau kerusakan bagi pihak lain, termasuk tetapi tidak terbatas pada virus, spam, penyusupan jaringan, pencurian data kartu kredit, dan fitur tersembunyi lainnya.
  3. Kontributor dengan ini menjamin dan memastikan bahwa Ciptaan tidak terafiliasi dengan pihak tertentu yang menyebabkan pembatasan dan/atau larangan untuk pemanfaatan Ciptaan sebagai Konten, dalam Layanan, dan/atau pemanfaatan komersial oleh Penerbit.
  4. Kontributor wajib melaksanakan Kewajiban Koreksi atas Ciptaan dalam hal terdapat kesalahan dalam Ciptaan, termasuk pula apabila diminta oleh Penerbit dalam rangka melayani Hak Jawab dan/atau Hak Koreksi. Kewajiban Koreksi harus dilakukan melalui Program Komputer dan mekanisme yang ditentukan Penerbit.
  5. Penerbit memiliki hak penuh untuk menghapus Konten yang tidak sesuai dengan atau melanggar Ketentuan dan Syarat ini.

E.JAMINAN KONTRIBUTOR

  1. Kontributor menjamin Penerbit bahwa ia adalah pihak yang berwenang penuh atas Ciptaan dan berhak atas Hak Cipta termasuk namun tidak terbatas Potret dalam Ciptaan tersebut, sehingga Kontributor berhak dan berwenang penuh untuk memberikan kontribusi berupa Ciptaan kepada Penerbit.
  2. Kontributor menjamin Penerbit bahwa Kontributor berhak untuk memberikan lisensi atas Ciptaan kepada Penerbit untuk digunakan dalam Layanan, dan akan senantiasa mempertahankan keberlakuan lisensi tersebut.
  3. Kontributor menjamin Penerbit bahwa Ciptaan dan Hak Cipta yang terkandung di dalamnya dihasilkan atau diperoleh Kontributor secara sah dan telah memenuhi setiap syarat dan ketentuan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
  4. Kontributor menjamin Penerbit bahwa Ciptaan tidak bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan peraturan perundangan yang berlaku di Republik Indonesia, memenuhi ketentuan yang terkait dengan Kode Etik Jurnalistik, serta tidak memuat hal-hal yang dapat berpotensi konflik termasuk tetapi tidak terbatas pada fitnah, penistaan, penghinaan baik yang dapat mencemarkan nama maupun bertentangan dengan kaidah kebiasaan yang berlaku pada masyarakat termasuk agama dan nilai-nilai budaya yang berlaku.
  5. Kontributor menjamin bahwa Penerbit tidak akan mendapat tuntutan, gugatan, dan/atau permintaan ganti rugi dari pihak lain terkait dengan kepemilikan atas Ciptaan dan/atau Hak Cipta dan pemanfaatan Ciptaan dan/atau Hak Cipta oleh Penerbit berdasarkan Ketentuan dan Syarat ini, dan Kontributor dengan ini berjanji untuk membebaskan Penerbit dari setiap tuntutan, gugatan, dan/atau permintaan ganti rugi tersebut.
  6. Kontributor menjamin bahwa pihaknya melakukan verifikasi atas setiap Ciptaan yang dikontribusikan, terutama untuk berita yang dapat merugikan pihak lain, untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

F.PEMANFAATAN KONTEN OLEH PENERBIT

  1. Penerbit sepenuhnya berhak untuk memanfaatkan Konten untuk Layanan, termasuk memanfaatkan Konten untuk kepentingan komersial. Penerbit dapat memperoleh pendapatan dari pemanfaatan komersial atas Konten.
  2. Ciptaan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan komersial adalah Ciptaan yang banyak dilihat, dibaca, dan/atau disukai oleh publik, yang akan ditentukan berdasarkan pertimbangan Penerbit sendiri.
  3. Sepanjang tidak mengubah substansi Ciptaan, Penerbit berhak untuk: (i) mengubah judul Ciptaan; (ii) menerjemahkan Ciptaan; (iii) melakukan adaptasi atas Ciptaan; (iv) membuat ringkasan atas Ciptaan; (v) menyusun dan mereka ulang bentuk Ciptaan, disesuaikan dengan media Penerbit.
  4. Dalam hal ada batasan dan/atau larangan untuk pemanfaatan Ciptaan oleh Penerbit (antara lain karena adanya afiliasi Kontributor dengan pihak tertentu), maka batasan dan/atau larangan tersebut wajib diberitahukan terlebih dahulu kepada Penerbit untuk dievaluasi lebih lanjut dari Penerbit.
  5. Penerbit tidak menjamin bahwa untuk setiap Ciptaan akan digunakan dalam Konten, Layanan, dan/atau dimanfaatkan untuk kepentingan komersial. Penebit memiliki hak penuh untuk menentukan Ciptaan yang layak atau tidak layak untuk Konten, Layanan dan/atau dimanfaatkan untuk kepentingan Komersial.
  6. Penerbit berhak untuk menarik kembali suatu Ciptaan dari Layanan dan/atau tidak lagi menggunakan Ciptaan untuk Konten atau kepentingan komersial, seluruhnya atas pertimbangan Penerbit sendiri.

G.PAJAK

Setiap kewajiban perpajakan yang timbul dari pelaksanaan Ketentuan dan Syarat ini menjadi beban dan tanggung jawab masing-masing pihak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.

H.PENGGUNAAN AKUN DAN LAYANAN

  1. Kontributor wajib menjaga kerahasiaan atas setiap kunci untuk mengakses Akun miliknya, dan dengan ini menegaskan bahwa pihaknya bertanggung jawab penuh atas setiap penggunaan dan aktivitas dari Akun miliknya.
  2. Kontributor bertanggung jawab penuh atas setiap penggunaan Layanan oleh Kontributor, dan Kontributor dengan ini setuju untuk membebaskan Penerbit (termasuk seluruh karyawan, pemasok, pengurus, dan perwakilan Penerbit) dari setiap tuntutan, gugatan, dan/atau permintaan ganti rugi yang timbul karenanya.
  3. Kontributor tidak diperkenankan untuk menggunakan Akun dan/atau Layanan tidak sesuai dengan Ketentuan dan Syarat ini, melanggar peraturan dan hukum yang berlaku, dan/atau melakukan perubahan dan/atau tindakan lain yang dapat menyebabkan perubahan sistem dan mekanisme Program Komputer.
  4. Penerbit tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan Akun dan/atau penggunaan Layanan oleh Kontributor yang tidak sesuai dengan mekanisme dan Program Komputer yang ditentukan Penerbit.

I.PENGHENTIAN SEMENTARA DAN PENGHAPUSAN AKUN

  1. Penerbit berhak untuk menghentikan sementara Akun, antara lain apabila: (i) diketahui bahwa Ciptaan tidak memenuhi satu atau lebih ketentuan dalam Ketentuan dan Syarat ini; (ii) diketahui bahwa Kontributor melanggar satu atau lebih ketentuan dalam Ketentuan dan Syarat ini; (iii) Kontributor belum/tidak menyetujui penambahan dan/atau perubahan atas Ketentuan dan Syarat ini; (iv) diduga oleh Penerbit adanya aktivitas mencurigakan dari Akun; (v) adanya penyalahgunaan Akun; (vi) tidak adanya aktivitas dari Akun selama 30 (tiga puluh) hari berturut-turut.
  2. Penerbit berhak untuk menghapus Akun, antara lain apabila: (i) penghentian sementara Akun telah berlangsung 14 (empat belas) hari berturut-turut dan tidak ada tanggapan Kontributor untuk pengakhiran penghentian sementara; (ii) Kontributor mengulangi pelanggaran atas ketentuan dalam Ketentuan dan Syarat ini setelah diperingatkan oleh Penerbit; (iii) terdapat Ciptaan dari Akun yang tidak memenuhi ketentuan dalam Ketentuan dan Syarat ini dan/atau tidak dilakukan Kewajiban Koreksi sesuai Ketentuan dan Syarat ini setelah diperingatkan oleh Penerbit.

J.PENGALIHAN

  1. Kontributor tidak diperkenankan untuk mengalihkan sebagian atau seluruh hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya berdasarkan Ketentuan dan Syarat ini kepada pihak lain manapun.
  2. Penerbit dapat mengalihkan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya berdasarkan Ketentuan dan Syarat ini kepada pihak lain yang ditunjuk Penerbit, dengan pemberitahuan kepada Kontributor. Pihak yang menerima pengalihan tersebut akan melanjutkan pelaksanaan Ketentuan dan Syarat ini dengan Kontributor.

K.KERAHASIAAN

  1. Kontributor dengan ini menegaskan bahwa tidak ada kewajiban bagi Penerbit untuk menjaga kerahasiaan setiap dan seluruh bagian dari Ciptaan dan/atau Konten.
  2. Pemanfaatan Ciptaan secara komersial oleh Penerbit dan penerimaan manfaat komersial oleh Kontributor bersifat rahasia antara Penerbit dan Kontributor. Penerbit dan Kontributor sepakat untuk memperlakukan setiap informasi terkait dengan hal tersebut secara rahasia, oleh karenanya tidak ada informasi apapun yang terkait dengan hal tersebut akan diberitahukan kepada siapa pun selain di antara para pihak, kecuali: (i) informasi yang harus diungkapkan dalam rangka pelaksanaan Ketentuan dan Syarat ini; (ii) informasi yang sudah menjadi milik umum; (iii) informasi yang diminta dibuka atas perintah pengadilan atau pejabat yang berwenang.
  3. Tidak ada ketentuan dalam Ketentuan dan Syarat ini yang menghapus kewajiban kerahasiaan ini dan ketentuan kerahasiaan ini tetap berlaku walaupun jangka waktu Ketentuan dan Syarat ini telah berakhir.

L.KEADAAN KAHAR

  1. Tidak terlaksananya atau tertundanya baik sebagian maupun keseluruhan pelaksanaan ketentuan dalam Ketentuan dan Syarat ini oleh satu pihak atau para pihak tidak termasuk sebagai kelalaian apabila hal tersebut disebabkan oleh adanya keadaan kahar.
  2. Termasuk sebagai keadaan kahar adalah kejadian-kejadian yang dengan segala daya dan upaya tidak dapat diduga dan tidak dapat diatasi oleh pihak yang mengalaminya, yakni peristiwa-peristiwa sebagai berikut: (i) bencana alam; (ii) pemberontakan, huru-hara, perang; (iii) kebakaran; (iv) sabotase; (v) pemogokan massal; (vi) peraturan atau keputusan Pemerintah dalam bidang politik, moneter dan perundang-undangan yang berdampak langsung terhadap kegiatan usaha para pihak.
  3. Pihak yang tidak dapat memenuhi kewajibannya sehubungan dengan keadaan kahar tersebut harus memberitahukan secara tertulis kepada pihak yang lain dalam waktu paling lambat 5 (lima) Hari sejak peristiwa tersebut terjadi. Kelalaian atau kelambatan pemberitahuan dari pihak yang terkena keadaan kahar dapat mengakibatkan tidak diakuinya peristiwa dimaksud sebagai keadaan kahar.
  4. Seluruh kerugian dan biaya yang diderita oleh salah satu pihak sebagai akibat keadaan memaksa tidak menjadi tanggung jawab pihak yang lain.

M.PILIHAN HUKUM DAN PENYELESAIAN SENGKETA

  1. Ketentuan dan Syarat ini tunduk, diatur dan dilaksanakan menurut hukum Negara Republik Indonesia.
  2. Segala perselisihan yang mungkin timbul dalam menjalankan Ketentuan dan Syarat ini, akan diupayakan penyelesaiannya secara musyawarah oleh para pihak.
  3. Apabila penyelesaian secara musyawarah tidak tercapai, atau salah satu pihak tidak bersedia untuk musyawarah, maka para pihak setuju dan sepakat untuk menyerahkan penyelesaian sengketa yang timbul melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di Jakarta.

N.PEMBERITAHUAN

  1. Semua pemberitahuan dan/atau korespondensi yang perlu disampaikan kepada Kontributor akan disampaikan melalui alamat yang disampaikan Kontributor dalam Akun. Jika terdapat perubahan alamat, maka Kontributor wajib memberitahukan perubahan tersebut secara tertulis kepada Penerbit selambat-lambatnya 2 (dua) Hari sebelum tanggal efektif perubahan alamat tersebut.
  2. Setiap pemberitahuan dan/atau korespondensi yang perlu disampaikan kepada Penerbit wajib disampaikan melalui PT DIGITAL BACA INTERAKTIF.

O.LAIN-LAIN

  1. Dalam hal ada perubahan atas ketentuan dalam Ketentuan dan Syarat ini, maka perubahan tersebut akan diberitahukan secara tertulis kepada Kontributor dari waktu ke waktu. Apabila Kontributor tidak memberikan persetujuan atas perubahan tersebut dalam waktu selambat-lambatnya 5 (lima) Hari setelah diberitahukan, maka Kontributor dianggap telah menyetujui perubahan tersebut. Setiap perubahan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Ketentuan dan Syarat ini.
  2. Penerbit tidak akan memberikan kompensasi dan/atau ganti rugi apapun atas penghentian sementara atau penghapusan Akun sesuai dengan ketentuan dalam Ketentuan dan Syarat ini, dan untuk itu para pihak telah sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 paragraf (2), (3), dan (4) Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Republik Indonesia.
  3. Apabila ada ketentuan dalam Ketentuan dan Syarat ini yang dinyatakan tidak dapat ditegakkan atau tidak berlaku, ketentuan tersebut dapat diubah untuk membuatnya dapat ditegakkan dan berlaku. Apabila perubahan tidak dapat dilakukan, ketentuan tersebut akan dianggap dihapuskan, namun demikian ketentuan selebihnya dalam Ketentuan dan Syarat ini akan tetap berlaku sepenuhnya.

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in