PANDUAN

  • Pengertian dan Istilah-Istilah
  • NULIS

    Adalah aplikasi untuk berbagi informasi dengan beragam format (tulisan, foto dan video), yang seluruh kontennya berasal dari masyarakat (Citizen Journalist).

    SAHABAT NULIS

    Adalah sebutan bagi masyarakat atau Citizen Journalist yang terdaftar dalam sistem aplikasi NULIS, memperoleh akses dan menggunakan fitur dan layanan NULIS, dan mengirimkan konten ke aplikasi NULIS.

    PEMBACA

    Adalah setiap orang yang mengakses NULIS, tetapi tidak bisa menempatkan konten.

    PENGELOLA

    Adalah pihak yang memiliki akses untuk memoderasi dan mengelola konten di aplikasi NULIS. Pengelola bertugas memantau konten, mengelola tulisan yang masuk, memproses verifikasi akun, dan menjalin komunikasi dengan para SAHABAT NULIS. Pengelola memiliki hak menghapus konten yang melanggar ketentuan, menyunting konten, mengatur waktu penayangan konten, melayangkan peringatan, dan memblokir akun.

    ARTIKEL

    Adalah tulisan karya Citizen Journalist yang berbentuk non fiksi (berita, esai, ulasan) maupun fiksi, yang dikirimkan dan dimuat di aplikasi NULIS.

    KONTEN

    Adalah materi yang ditempatkan ke dalam sistem dan/atau ditayangkan di NULIS, terdiri dari tulisan, file foto dan bentuk grafik dua dimensi lainnya, video, dan audio, serta komentar. Konten juga termasuk materi yang diunduh, ditautkan atau dilekatkan ke dalam materi yang ditayangkan di NULIS.

  • Panduan Penulisan Artikel
    1. Judul artikel harus menggambarkan isi tulisan dan tidak menggunakan huruf kapital.
    2. Sebuah artikel atau tulisan minimal memuat 200 kata untuk jenis non fiksi dan 100 kata untuk kategori prosa atau puisi. Jumlah kata optimal untuk tiap tulisan adalah 300-400 kata.
    3. Agar bisa medapat respon yang baik dari pembaca, disarankan untuk menulis dengan topik yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Misalnya tips-tips, atau segala hal yang mempunyai manfaat langsung bagi para pembaca.
    4. Disarankan agar penulis menyertakan pula foto yang menarik sebagai pendukung tulisan. Alangkah lebih baik bila fotonya lebih dari satu.
    5. Gaya bahasa penulisan sebaiknya menggunakan alur piramida terbalik, dengan kosakata yang mudah dipahami, sehingga tulisan lebih mengalir.
    6. Usahakan membuat paragraf pendek, sekitar 3-4 baris saja per-paragraf dan cobalah membuat satu kesimpulan dari isi tulisan di paragraf akhir.
  • Ketentuan dan Tata Aturan Pemuatan Konten
    1. Sahabat Nulis wajib memastikan bahwa konten tersebut tidak menimbulkan masalah terkait SARA, gender, orientasi seksual, usia, atau kecacatan fisik. Sahabat Nulis juga tak diperkenankan memuat konten yang melanggar norma kesusilaan, mengandung unsur cabul dan pornografi.
    2. Tidak diperkenankan bagi sahabat Nulis untuk memuat konten yang mengancam keselamatan, memfitnah, mencemarkan nama baik, menipu, mencurangi, dan/atau menimbulkan kebencian pada individu atau kelompok tertentu.
    3. Sahabat Nulis dilarang menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang melanggar hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia. Juga tak diperkenankan mengajak, memaksa, orang atau kelompok untuk berafiliasi pada pribadi atau kelompok /partai politik tertentu.
    4. Konten berisi iklan atau promosi untuk membeli produk barang atau jasa tertentu sangat dilarang untuk diposting, termasuk mengarahkan pengunjung ke sumber asli konten di luar NULIS.
    5. Sahabat Nulis dilarang keras menjiplak atau menyontek atau menyalin-tempel (copy-paste) sebagian atau seluruh konten milik orang atau pihak lain tanpa maksud menciptakan konten baru sebagai karya yang orisinal. Juga tidak diperkenankan melakukan aksi plagiarisme dalam bentuk dan untuk alasan apapun.
    6. Pemuatan konten yang mengandung virus, yang dapat mengganggu perangkat lunak (software) maupun keras (hardware), amat dilarang.
    7. Sahabat Nulis menempatkan dan menayangkan Konten dengan kesadaran sendiri dan tanpa paksaan, dan bersedia bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang ditayangkan.
  • Kewenangan Pengelola
    1. Terkait Konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem NULIS, Pengelola/Editor berhak untuk menghapus isi konten yang melanggar Syarat dan Ketentuan dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Sahabat Nulis.
    2. Pengelola/Editor berhak menempatkan gambar sebagai ilustrasi atau pelengkap tulisan jika diperlukan. Pengelola/Editor menjamin foto yang ditempatkan tidak bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan.
    3. Pengelola/Editor berhak mengoreksi kekeliruan kode-kode HTML, termasuk mengoreksi penggunaan jenis huruf dan ukurannya, yang dapat mengganggu tampilan Konten secara keseluruhan.
    4. Pengelola/Editor berhak menyunting Judul, Isi, Tag, Jenis dan Kategori konten, juga mengubah waktu tayang Konten.
    5. Pengelola/Editor berhak untuk memblok keanggotaan Sahabat Nulis yang melanggar tata aturan pemuatan konten, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in