Penemuan Bukti Baru Berpotensi Adanya Kehidupan di Mars, Apa Itu?


Keingintahuan, penjelajah kecil yang menjelajahi Kawah Gale di Mars, telah mengirimkan kembali data yang mengkonfirmasikan bahwa wilayah yang ditugaskan menawarkan lingkungan yang layak huni untuk organisme mikro pada suatu waktu.

Para ilmuwan di Laboratorium Nasional Los Alamos dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Geophysical Research Letters mengatakan temuan boron oleh rover telah membuka kemungkinan apakah kehidupan bisa ada di planet ini.

“Borat adalah satu jembatan yang mungkin dari molekul organik sederhana sampai RNA. Tanpa RNA, Anda tidak memiliki kehidupan, kehadiran boron mengatakan kepada kita bahwa, jika organik hadir di Mars, reaksi kimia ini bisa terjadi,” kata Patrick Gasda, seorang postdoctoral peneliti di Los Alamos National Laboratory dan penulis utama di atas kertas.

RNA atau asam ribonukleat adalah blok bangunan kehidupan. Itu terbuat dari gula yang disebut ribose. RNA ini berisi informasi genetik yang memiliki kemampuan untuk mengkloning dirinya sendiri. Informasi ini rumit dan pada dasarnya merupakan cetak biru fisik kita.

Sintesis gula ribosa yang menyebabkan pembentukan RNA adalah proses yang rumit. Gula sangat larut dalam air. Gula sangat tidak stabil dan akan terurai sebelum pembentukan RNA dimungkinkan. Di sinilah orang baik boron masuk

Boron saat dilarutkan dalam air menjadi borate. Borat ini menjamin stabilitas gula ribosa di dalam air. Ini membuat gula cukup stabil di dalam air untuk memastikan pembentukan RNA, sehingga menciptakan kehidupan.

“Kami mendeteksi borat di sebuah kawah di Mars yang berusia 3,8 miliar tahun, lebih muda dari kemungkinan terbentuknya kehidupan di Bumi,” kata Gasda. “Intinya, ini memberitahu kita bahwa kondisi dimana kehidupan berpotensi tumbuh mungkin telah ada di Mars kuno, terlepas dari Bumi.

Boron ditemukan di kalsium mineral sulfat, yang berarti boron hadir di air tanah Mars, dan memberikan indikasi lain bahwa beberapa air tanah di Kawah Gale dapat dihuni.

Saat ini rover sedang mendaki gunung Mars berlapis. Sebuah kamera analisis kimia yang disebut ChemCam on the rover menganalisis lingkungan untuk mengetahui lebih banyak tentang danau prasejarah ini dan lingkungan yang basah, dan bagaimana mereka berubah drastis selama miliaran tahun.

Studi tentang setiap lapisan sedimen yang ada di dinding waduk ini dapat memberi kita lapisan demi lapis garis waktu komposisi air pada titik itu. Dindingnya akan terkikis ke air yang mengalir, kehadiran boron dalam sedimen di dinding yang menguntungkan bisa membantu menentukan kapan organisme mikro bisa ada.

Analisis sampel tanah akan memberi tahu kita komposisi air pada saat itu. Studi tentang boron bisa membantu menentukan bagaimana kehidupan di Mars bisa terjadi.

Sejak tahun 2012, Keingintahuan telah memberi kita data komprehensif yang menyenggol kita lebih dekat untuk memecahkan teka-teki Mars. Dengan studi menarik yang menghasilkan hasil dan proyek masa depan seperti SHERLOC dan SuperCam siap ditambahkan ke Rasa ingin tahu untuk memperbaiki peralatan yang mengumpulkan data di lapangan, pertanyaan apakah kehidupan yang pernah ada di planet ini lebih dekat dijawab.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Penemuan Bukti Baru Berpotensi Adanya Kehidupan di Mars, Apa Itu?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in