Tiga Perpustakaan Megah di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi, Nomor 2 Terbesar Se-Asia Tenggara!


Ketika bicara tentang perpustakaan, pasti yang terpikir deretan rak-rak dengan buku-buku yang berdebu, usang dan tak terawat. Rasa kantuk dan bosan pun tak jarang menerpa ketika ke tempat ini. Tapi, itu semua tidak akan kamu alami jika berkunjung ke tiga perpustakaan ini. Dimana saja itu?

1. Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru

9+Gedung+Perpustakaan+Terbaik+Indonesia+%21+1

Pertama, kamu akan terkagum-kagum bila mengunjungi perpustakaan propinsi Riau di kota Pekanbaru. Perpustakaan ini disebut-sebut perpustakaan propinsi paling mewah yang ada di indonesia. Bangunan berlantai 6 dengan kapasitas 1000 orang per lantai ini dibuka untuk umum sejak 2008.

Nama perpustakaan diambil dari nama Novelis angkatan pujangga baru asal Riau, Soeman Hasibuan atau Soeman HS. Desain gedung terinspirasi dari bentuk rehal (alas yang digunakan untuk membaca al-quran) dan sekilas juga mirip dengan buku terbuka yang sedang dibaca.

Bangunan kebanggaan provinsi Riau ini mempunyai koleksi lengkap kumpulan literatur budaya melayu yang paling komprehensif. Selain itu fasilitas yang dimiliki antara lain Children Library, Auditorium, Meeting Room, Discussion Room, toilet, mushola, dan kantin semua ala bintang 5.

Karena kemegahannya, bangunan ini menjadi E-Pilot National Project Percontohan Perpustakaan se-Indonesia.

2. Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok

thecolourofindonesia-com

Kedua, perpustakaan yang terletak di kompleks kampus UI Depok Jawa Barat. Bangunan ini diresmikan tahun 2011 dan disebut-sebut sebagai Perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Menempati lahan seluas 2,5 hektare dengan luas bangunan mencapai 33 ribu meter persegi, bangunan ini dapat memuat hingga 5 juta judul buku dengan 10.000 pengunjung dapat tertampung bersamaan.

Perpustakaan kebanggaan warga UI ini disebut Kristal Pengetahuan (Crystal of Knowledge). Fasilitas yang tersedia juga tidak main-main. Ada Starbucks Coffee, Kebun Apple, tempat Gim eksklusif bernama Gold’s Gym, theatre canggih, toko buku modern Books & Beyond, Restauran, Cafe serta Minimarket.

Bangunan perpustakaan ini mendukung konsep Eco Living and Green. Dengan rumput dan pepohonan yang tertanam di atas bangunan menggunakan sistem biopori.

3. Perpustakaan Grhatama Pustaka DIY

657xauto-6606-20-foto-ini-buktikan-megahnya-perpustakaan-grhatama-pustaka-keren-151221l-001-rev1

Sebagai kota pelajar dan kota pendidikan, Jogja juga mempunyai perpustakaan megah yang patut dikunjungi. Namanya Grhatama Pustaka. Baru diresmikan Januari 2016 lalu, ratusan orang setiap hari berdatangan untuk menyaksikan sendiri kemegahan bangunan ini.

Dibangun tiga lantai di lahan seluas 2,5 hektare, Grhatama Pustaka punya koleksi lengkap buku-buku langka, koleksi Braile, koleksi digital, auditorium serta ada gedung bioskop 6D yang tiap harinya banyak orang yang rela mengantri demi menyaksikan film yang diputar disini.

Keren-keren ya. Gimana, kapan mau berkunjung ke tempat-tempat ini?

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
2
Keren
Top Top
1
Top
Love Love
1
Love

Tiga Perpustakaan Megah di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi, Nomor 2 Terbesar Se-Asia Tenggara!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in