5 Fakta Unik tentang Penyelenggaraan SEA Games


Pada era 1950-an, setelah negara-negara di kawasan Asia Tenggara merdeka dari penjajahan bangsa asing, Wakil Prsiden Komite Olimpiade Thailand Laung Sukhumnaipradit mencetuskan ide untuk mempererat kerjasama dalam hubungan antar negara di semenanjung Asia Tenggara. Kemudian dibentuklah organisasi Southeas Asian Peninsular Games (SEAP Games) yang dipelopori oleh 7 Negara yaitu Thailand, Malaysia, Kamboja Burma (Myanmar), Laos, Vietnam dan Singapura. Organisasi SEAP Games dibawah naungan dari Komite Olimpiade International (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA). Ke-7 negara tersebut sepakat untuk menyelenggarakan olahraga multi eveent dalam kurun waktu dua tahun sekali, pada perjalanan sejarah berikutnya SEAP Games berubah nama menjadi SEA Games.

Berikut 5 fakta unik terkait penyelenggaraan SEA Games

1. SEAP Games Pertama Kali Diselenggarakan di Bangkok

pada 12 Desember 1959 SEAP Games pertama kali diselenggarakan di Bangkok, Thailand dan diikuti oleh 7 negara (Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Laos, Burma dan Vietnam). Dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga. Menariknya, pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut lebih dulu lahir dari pada oraganisasi perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang baru terbentuk pada tahun 1967.

2. Indonesia dan Filipina Baru Menjadi Peserta Pada Tahun 1977

Pada tahun ini pula federasi SEAP Games berganti nama menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF) dan nama ajang ini resmi menjadi SEA Games. Sejak SEAP Games berubah nama menjadi SEA Games dan Indonesia masuk menjadi peserta, kontingen Indonesia langsung tampil sebagai juara umum.

3. Indonesia Paling Banyak Meraih Gelar Juara

Kontingen Indonesia tercatat meraih gelar juara umum terbanyak dengan 10 gelar juara umum. Diperingkat ke-2, gelar juara umum terbanyak diraih oleh Thailand.

4. Malaysia Paling Banyak Menjadi Tuan Rumah

Sepanjang penyelenggaraan SEA Games, Malaysia tercatat paling banyak menjadi tuan rumah. Ajang SEA Games 2017 adalah yang ke-6 kalinya Malaysia menjadi tuan rumah. Dari 29 kali penyelenggaraan SEA Games, Malaysia baru 1 kali tampil sebagai juara umum pada tahun 2001.

5. 5 Negara Belum Pernah Menjadi Juara Umum

Sepanjang penyelenggaraan SEA Games yang telah berlangsung sebanyak 29 kali, 5 negara ini belum pernah menjadi juara umum yaitu Singapura, Brunei, Kamboja, Laos dan Timor Leste. Bahkan Laos dan Timor Leste belum pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games.

sea games


Like it? Share with your friends!

3
3 points
What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
1
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
1
Top
Love Love
0
Love

Comments are closed.

5 Fakta Unik tentang Penyelenggaraan SEA Games

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in