Mengenal Sisi Kota Tua Sebagai World Heritage DKI Jakarta


Ibu Kota Jakarta tidak hanya identik dengan hiruk pikuk kemacetan dan gedung-gedung pencakar langit. Bila ditelisik lebih dalam lagi, Jakarta menyimpan banyak pesona dan kekayaan yang dapat memanjakan mata para penduduknya. Salah satunya adalah museum.

Ditemui di event Art Stage, Kadis Pariwisata Ibu Tinia Budiati memberikan pandangannya mengenai museum di Jakarta, “Peran museum adalah untuk memberikan edukasi tentang seni kepada masyarakat. Pihak pemerintah memberikan ruang agar para pencinta seni dapat mengapresiasikan kecintaan terhadap budaya”

(image: smartcity)
(image: smartcity)

Bicara tentang budaya, pihak Dinas Pariwisata sedang mengolah Kota Tua menjadi salah satu World Heritage DKI Jakarta. Agar memenuhi standart sebagai destinasi pariwisata, banyak yang harus ditingkatkan dari Kota Tua. “Pemilihan event, pengaturan public participation, dan museum itu sendiri harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Begitupun dengan manajemen kawasannya, tidak semua pihak dapat berbuat semaunya tanpa memperhatikan kebutuhan pihak lain” ucap Ibu Tinia Budiati.

Ibu Tinia menegaskan bahwa karakter dari Kota Tua harus dipertahankan untuk mengangkat nama baik Kota Tua itu sendiri. Apa saja yang harus dipertahankan? Yaitu atmosfer dari Kota Tua itu sendiri. Harmonisasi bangunan dengan nuansa zaman dulu sudah menjadi ciri khas khusus dari Kota Tua. Maka harus ada kesadaran antara pemerintah dan masyarakat untuk mempertahankan sebuah kawasan sebagai cagar budaya. Kenyamanan dari Kota Tua sendiri pun merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian masyarakat.

(image:republika)
(image:republika)

Ibu Tinia beranggapan kesenian dan budaya harus ditanamkan sedari dini kepada generasi muda. Pengetahuan tentang seni dan budaya dapat diajarkan melalui pendidikan. Hal ini sangat penting agar orang mancanegara dapat mengenal ciri khas dan daya tarik bangsa Indonesia.

Perpaduan cantik dari seni budaya dan wujud baru Kota Tua akan menambah kecantikan Kota Tua sebagai salah satu 10 destinasi yang wajib dikunjungi versi Dinas Pariwisata.

(image: Broketourist)
(image: Broketourist)

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Mengenal Sisi Kota Tua Sebagai World Heritage DKI Jakarta

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in