IOS versus Android, Mana Lebih Bagus ?


ios vs android
ilustrasi

Hai sobat, pasti hampir dari kalian semua punya smartphone kan? Nah, di dalam sebuah smartphone pasti ada sistem operasinya. Sistem operasi pada smartphone ada berbagai jenis contohnya ada sistem operasi IOS dan Android. Sistem ini memang yang paling banyak di gunakan pada sistem operasi smartphone yang ada di dunia.

IOS sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. dan hanya di jalankan pada sistem operasi produk yang dikeluarkan Apple. Sedangkan, Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti smartphone dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android Inc,dengan dukungan finansial dari google yang kemudian membelinya. Akhirnya sekarang android dimiliki oleh google. Sistem android ini berbeda dengan IOS karena sistem ini dapat dijalankan pada berbagi jenis smartphone.

Presetase penggunaan sistem operasi di Indonesia
Presetase penggunaan sistem operasi di Indonesia. Sumber : merdeka.com

Di Indonesia sistem operasi Android memang paling banyak di gunakan pada smartphone. Namun tidak begitu dengan sitem operasi IOS, sistem ini hanya mengisi beberapa persen saja dari android. Namun, bagaimana dengan dengara lain apakah sistem android juga lebih banyak pengunanya? Penelitian yang dirilih oleh Nielsen pada kuartal ketiga 2016 menerangkan bahwa 52,6 persen pemilik smartphone di Amerika menggunakan sistem operasi Android sedangkan penguna sistem IOS 42,7 persen.

Hal ini cukup mencengangkan mengingat sistem operasi IOS berasal dari Amerika. Ternyata, sistem operasi Android memang menjadi sitem operasi Smartphone yang paling populer, tidak hanya di Amerika dan Indonesia namun sudah menguasi pasar dunia smartphone. Hal ini disebabkan karena sistem operasi Android lebih fleksibel di jalankan di berbagai smartphone sedangkan IOS,sistem ini harus dijalankan oleh produk Appel.

Presentase dari International Data Corporation (IDC) menunjukan bahwa sistem operasi Android memiliki 82,8 persen pasar dunia. Sedangkan sistem operasi IOS, hanya memperoleh 13,9 persen saja. Memang keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Majalah Wall Street Journal juga melaporkan bahwa saham perusahaan Apple mengalami penurunan dalam kurun waktu 2 tahun ini. Tapi, tidak bisa dipungkiri Apple memang masih menjadi salah satu merk terkenal dan berharga di dunia. Akan tetapi, perusahaan Apple harus berhati-hati dan mengembangkan inovasinya menjadi lebih luas.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

IOS versus Android, Mana Lebih Bagus ?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in