Awas, Jangan Sembarangan Memodifikasi Lampu Kendaraan


Mungkin kamu pernah melihat atau malah mengalami sendiri kondisi dimana pandangan kamu terganggu saat berkendara akibat sorotan lampu kendaraan lain yang sangat menyilaukan mata.

Kendaraan tersebut baik mobil atau motor seakan tidak peduli dengan keselamatan pengendara lainnya yang terganggu dengan sorotan lampu kendaraan mereka yang sangat menyilaukan. Hal ini bukan saja menganggu tapi juga membahayakan pengguna jalan lainnya.

Usut punya usut, semua ini terjadi karena ulah beberapa orang pemilik kendaraan yang mengganti lampu kendaraan mereka dengan lampu sorot LED dan sejenisnya dengan alasan agar lebih mendapatkan penerangan saat berkendara di malam hari.

Hal ini tentu saja tidak dapat dimaklumi karena akan menganggu kenyamanan pengguna jalan lain bahkan membahayakan nyawa mereka. Kita harus selalu mengingat bahwa jalanan bukan hanya milik kita saja, tapi juga milik pengguna jalan yang lain.

Ada alasan mengapa kita dilarang untuk mengganti lampu kendaraan yang tidak sesuai dengan spektek kendaraan, itu semua karena lampu yang dibuat oleh produsen mobil telah mengikuti standar aturan keselamatan berkendara yang ditetapkan oleh negara.

Sedangkan jika kita mengganti dengan lampu yang tidak sesuai dengan standar, maka terjadilah hal seperti yang dimaksudkan dalam artikel ini, yakni ketidaknyamanan bagi pengendara lain dan membahayakan nyawa mereka.

Lalu, apakah hal ini di atur dalam undang – undang ?

Ya, ini diatur dalam Undang Undang Negara Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 279 berbunyi:

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (Lima ratus ribu rupiah).”

Bagaimana kita harus menyikapi hal ini?

Jika kamu menemukan hal semacam ini saat berkendara, ada baiknya bila kamu mau memperingati si pemilik kendaraan bahwa yang ia lakukan itu salah dan melanggar undang-undang. Memang sudah ada pihak kepolisian lalu lintas yang siap menilang pengendara seperti ini.

Tapi, akan jauh lebih baik bila si pemilik kendaraan sendiri yang memiliki kesadaran untuk segera mengganti lampu kendaraan mereka yang tidak standar dengan lampu keluaran pabrikan resmi yang sudah pasti sesuai dengan spektek kendaraan mereka dan juga sesuai dengan aturan keselamatan berlalu lintas yang dikeluarkan oleh negara.


Like it? Share with your friends!

0
0 points
What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Comments are closed.

Awas, Jangan Sembarangan Memodifikasi Lampu Kendaraan

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in