Mengenal Haji Darip, Pendekar Betawi yang Tak Kalah Garang dari Si Pitung


Bicara pendekar atau jawara Betawi, tak bisa dilepaskan dari sosok legendaris si Pitung. Ya, si Pitung adalah jawara legendaris dari Tanah Betawi. Cerita sepak terjangnya melawan kumpeni dikisahkan turun temurun oleh warga Betawi.

Bisa dikatakan, si Pitung adalah ikon jagoan masyarakat Betawi. Dia, dianggap pahlawan. Kisahnya juga sempat difilmkan. Tapi ternyata Betawi tak hanya punya si Pitung. Ada pendekar atau jawara lain yang juga tak kalah garang dari si Pitung.

Sumber foto: Cnnindonesia.com
Sumber foto: Cnnindonesia.com

Namanya Haji Darip. Dulu, waktu Belanda masih bercokol di tanah Betawi, Batavia, Haji Darip tinggal di daerah Klender, Jakarta Timur. Dia tak hanya dikenal sebagai pendekar silat yang disegani, tapi juga ulama yang dihormati.

Ketika terjadi pergolakan melawan Belanda maupun Jepang, Haji Darip ikut angkat senjata. Ia bahkan membentuk Bara atau Barisan Rakyat yang beranggotakan para pemuda dan para pendekar. Laskar Bara ini, kerap bentrok dengan pasukan Belanda. Di jaman Jepang, Haji Darip juga ditakuti.

Dan, saat proklamasi dikumandangkan Soekarno dan Hatta di Jakarta, Haji Darip adalah salah satu yang ikut mengamankannya. Kabarnya, bersama Sukarni, Haji Darip ikut menjadi saksi peristiwa penculikan Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok yang dilakukan sekelompok pemuda. Jadi, Jakarta tak hanya punya si Pitung. Juga punya jawara yang tak kalah garang, yaitu Haji Darip.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Mengenal Haji Darip, Pendekar Betawi yang Tak Kalah Garang dari Si Pitung

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in