Waspada! Ratusan Aplikasi di Google Play Dikabarkan Curang


Kabar mengejutkan diungkap oleh salah satu Perusahaan eZanga. Mereka mengungkap ada sekitar ratusan aplikasi di Google Play Store dengan memanfaatkan smartphone pengguna untuk berbuat curang dan demi mengejar keuntungan semata.

Dikutip dari androidauthority.com (7/7/2017), Sebenarnya hal ini bukan masalah besar, Namun tentunya pemilik smartphone merasakan dampaknya langsung, Yakni batterai menjadi lebih boros serta kuota data menjadi lebih cepat habis. Tidak hanya itu juga, Apa yang dilakukan aplikasi tersebut, berpotensi membuat smartphone menjadi lemot.

Masalah ini ditemukan pertama kali oleh eZanga yang mendeteksi adanya upaya klik iklan dari sejumlah aplikasi Playstore. Mereka juga memonitor dua aplikasi wallpaper. Pengujian dilakukan di smartphone dalam mode tidur selama 24 jam. Hasilnya aplikasi menampilkan total 3.061 Iklan dan mengklik sebanyak 169 Iklan. Menurut eZanga, Ada lebih dari 300 juta aplikasi yang terinfeksi Malware tersebut dengan jumlah pemasangan 4-14 juta kali. Aplikasi yang terinfeksi Malware semacam ini salah satunya yaitu Clone Camera.

Para peneliti eZanga juga menyebutkan beberapa developer yang aplikasinya terkena Malware ini, Diantaranya Attunable, ClassyWall, Firamo, FlameryHot, NeonApp, Goopolo, Litvinka co, Livelypapir, Tuneatpa Personalization, Waterflo, X Soft dan Zheka.

Menariknya aplikasi ES File Explorer / Manager PRO juga termasuk dalam daftar yang terinfeksi Malware. Namun eZanga telah mengkonfirmasi bahwa aplikasi akan terinfeksi Malware jika pengguna mendownload aplikasinya bukan dari Play Store.

Para peneliti juga telah melaporkan hal ini kepada Google. Peneliti menduga sistem pendeteksi Malware yang ada di Google Play bekerja kurang maksimal dalam mendeteksi Malware di berbagai aplikasi. Dan mereka berharap supaya Google bisa mengatasi hal ini.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Waspada! Ratusan Aplikasi di Google Play Dikabarkan Curang

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in