Wow! “Lapisan Ajaib” Ini Bisa Membuat Benda Hampir Tidak Bisa Dihancurkan


Line-X-coating2-750x498

Line-X adalah lapisan penyemprotan ultra-tahan lama yang dipasarkan untuk digunakan di atas tempat tidur truk, untuk membuat mereka lebih keras dan memberikan perlindungan terhadap elemen. Tapi semprotan ajaib ini bisa dilakukan lebih jauh, termasuk melindungi dinding dari ledakan yang eksplosif, mencegah telur pecah saat jatuh dari menara, dan membuat secangkir styrofoam mampu menahan beban orang dewasa. Ini pada dasarnya membuat hampir semua hal tidak dapat dihancurkan.

Pelapisan Line-X telah ada selama hampir satu dekade, namun kebanyakan orang baru saja belajar tentang sifatnya yang luar biasa setelah video semprotan yang melewati semua jenis tes gila mulai muncul di media sosial. Produk ini juga membuat penampilan di acara hit Discovery Channel “Mythbusters”, di mana ia melewatkan 2 dari 3 tes ekstrim yang menjadi sasarannya, dan di acara YouTube populer “How Ridiculous”, di mana ia diuji pada semangka, telur dan bola lampu dengan beberapa hasil yang luar biasa.

Lantas apa rahasia dibalik lapisan pelindung luar biasa ini? Nah, menurut Interesting Engineering, pada dasarnya ini adalah campuran dari dua molekul berbeda yang mengalami reaksi eksotermik yang cepat. Tapi taruh keduanya dalam ember dan kamu hanya berakhir dengan gumpalan yang sangat kuat, yang hampir tidak sesuai untuk aplikasi semprot. Untuk mengubah kedua komponen menjadi lapisan, mereka harus tetap terpisah dengan tekanan dan suhu yang sangat tinggi, dan dibakar bersama melalui mulut pipa kecil.

Line-X-coating-750x422

Proses penyembuhan lapisan Line-X membutuhkan waktu sekitar satu hari penuh untuk menyelesaikannya, namun sebenarnya sangat sulit setelah beberapa menit. Karena reaksi eksotermik kedua komponen tersebut, permukaan penyemprotan sangat panas saat disentuh, namun mendingin dengan cepat, karena proses penyembuhan berlanjut.

Sederhananya, reaksi antara molekul menciptakan rantai molekul sangat panjang yang dapat diregangkan tanpa putus. Ketika orang-orang di How Ridiculous menjatuhkan semangka yang dilapisi Line-X dari menara setinggi 150 kaki, itu hanya memantul seperti bola karet, mencegah buah dari disintegrasi pada benturan. Ini bukan penggunaan paling praktis untuk Line-X tapi ini berbicara banyak tentang seberapa efektifnya.

Di Mythbusters, Line-X melindungi seorang pria dan jaket kulitnya dari gigitan seekor anjing penyerang, dan juga melindungi semen dan blok kayu dari ledakan C4 yang dikontrol. Satu-satunya tes yang gagal adalah simulasi kecelakaan mobil dengan kecepatan tinggi, mobil berlapis Line X dilapisi dengan kerusakan serupa pada produk yang belum disemprot dengan produk luar biasa. Namun, lapisan itu terbukti efektif dalam melindungi mobil pada tabrakan kecepatan rendah.

Line-X-coating3-750x498

Sementara lapisan tempat tidur truk tetap menjadi aplikasi praktis utama untuk Line-X, perusahaan ini mengakui bahwa hal itu dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, Pentagon menggunakannya untuk melapisi dinding bangunan untuk perlindungan ekstra terhadap ledakan, dan itu juga telah digunakan dalam rompi anti peluru dengan hasil yang sangat mengesankan. Aplikasi untuk barang ini tidak ada habisnya dan dengan ahli Line-X terus memperbaiki garis pelapis, mungkin suatu hari nanti kita bisa mendapatkannya yang bisa mencegah kerusakan parah bahkan dalam kecelakaan mobil berkecepatan tinggi.

Menurut Markas Tundra, melapisi tempat tidur truk dengan biaya Line X antara $ 400 – $ 800 (sekitar Rp. 5,4 juta – Rp. 10,8 juta), dilihat dari perlindungan yang ditawarkannya, lumayan bagus. Itu datang dengan garansi seumur hidup, juga. Semoga berhasil mencoba menghancurkannya!

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Wow! “Lapisan Ajaib” Ini Bisa Membuat Benda Hampir Tidak Bisa Dihancurkan

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in