Inilah 5 Teknologi Kuno Asli Indonesia yang Sangat Canggih


Di jaman dahulu kala para nenek moyang kita sudah menemukan banyak penemuan yang terbilang canggih. Tetapi sayang sekali banyak orang Indonesia sendiri banyak yang tidak menyadari nya, Ternyata penemuan canggih itu masih ada dan banyak kita gunakan hingga kini. apakah penemuan itu?, mari kita simak ulasan nya.

1. Pranata mangsa Sistem Penanggalan Bukti Dengan Ilmu Astronomi  tek1 

Dalam masyarakat jawa di kenal dengan penanggalan Pranata mangsa yaitu ramalan musim berdasarkan gejala-gejala alam.dan umum nya berhubungan dengan tata letak bintang di langit.

tek11

menurut Daldjoeni di bukunya yang berjudul Penanggalan pertania jawa Pranata Mangsa, Pranata mangsa merupakan penemuan yang Brilian. Kompleksitas nya tak kalah luput diri sistem penanggalan yang di temukan bangsa mesir kuno, China, Maya dan Bhurma. lebih-lebih jika di bandingkan dengan model farming Alamanac ala Amerika, Pranata mangsa jauh lebih maju. Meskipun teknologi sudah semakin canggih seperti sekarang ini penerapan perhitungan pranata mangsa masih relevan. Hal itu dikarenakan nenek moyang kita dulu mempelajari gejala-gejala alam seperti musim hujan atau kemarau, Musim tanaman berbunga atau berbuah, posisi rasi bintang pengaruh bulan purnama dan sebagai nya.

2. Tempe, Pemanfaatan Bioteknologi untuk makanan 

tek2

tempe merupakan hasil bioteknologi sederhana khas Indonesia. Nenek moyang bangsa Indonesia telah menggunakan Rhysopus untuk membuat tempe dari kedelai, Semua ini adalah penggunaan mikroba atau mikro organisme pada tingkat sel untuk tujuan pangan. Sebenar nya mengolah kedelai dengan ragi juga di lakukan oleh bangsa lain seperti China, Jepang, India dan lain-lain. Tetapi yang menggunakan Rhisopus hanya Indonesia saja. Jadi kemampuan membuat tempe dari kedelai adalah temuan orang Indonesia. Penemuan tempe adalah sumbangan nenek moyang kita pada seni kuliner dunia.

3. Karinding, Teknologi Pengusir Hama Dengan Getaran Suara tek4

Alat musik dari Sunda ini terbuat dari pelepah kaum atau bambu berukuran 21cm. yang dipotong menjadi 3 bagian yaitu bagian jarum tempat keluar nya nada, Pembatas jarum, dan bagian ujung yang di sebut panenggel. Jika bagian panenggel dipukul maka bagian jarum akan bergetar dan ketika di rapatkan ke rongga mulut maka akan menghasilkan bunyi yang khas. alat ini bukan cuma untuk menghibur tapi juga berfungsi untuk mengusir hama dari kebun atau diladang pertanian. Suara yang dihasilkan oleh karinding ternyata menghasilkan gelombang low desible yang menyakitkan hama sehingga membuat mereka terganggu dan panik. Frekuensi yang di hasilkan oleh karinding melebihi dari rentang frekuensi dari hama tersebut. sehingga membuat hama menjauhi ladang pertanian.

4.  Keris Bukti kecanggihan Teknologi Penempaan Logam tek8 

Teknologi logam sudah berkembang sejak jaman awal masehi di nusantara. Para empu sudah mengenal bagaimana kekerasan logam. Keris memiliki treknologi penempaan logam yang luar biasa untuk ukuran masyarakat di masa lampau. Teknik penempaan sekaligus pelipatan berguna untuk mencari kemurnian besi yang pada waktu itu bahan-bahan besi masih komposit dengan materi-materi alam lain nya. Pemilihan akan batu meteorit mengandung unsur titanium sebagai bahan keris juga merupakan penemuan nenek moyang jaman dulu. Kesulitan membuat keris dengan titanium yang titik lebur nya 6000 derajat celcius jauh di banding bahan besi, baja atau logam lain nya. Titanium ternyata memiliki banyak ke unggulan di samping tahan karat ringan kuat dan tahan panas.Unsur logam titanium baru di temukan sebagai unsur logam mandiri pada tahun 1940. Logam yang kekerasan nya jauh lebih dari baja namun lebih ringan dari besi.

5.  Borobudor Bukti Kecanggihan Teknologi dan Arsitektur tek10

Borobudor adalah candi yang di perkirakan di bangun pada sekitar tahun 824 masehi oleh raja mataram dari wangsa Syailendra. Borobudor merupakan candi yang sangat megah. Tidak dapat di bayangkan bagaimana nenek moyang kita mendirikan nya dengan batu yang sangat berat dan dapat berdiri kokoh tanpa perlu mamakukan paku bumi untuk mengokohkan pondasi nya.Tak terbayangkan pula bagaimana batu-batu yang membentuk borobudor itu dibentuk dan di bangun di atas bukit. Bahkan dengan kecanggihan masa kini akan sangat sulit sekali membangun sebuah candi yang bisa menyamai candi Borobudor.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
1
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Inilah 5 Teknologi Kuno Asli Indonesia yang Sangat Canggih

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in