Terbongkar, Seperti Inilah Bisnis “Like” WeChat Dilakukan


Polisi di Thailand baru-baru ini berhasil mengungkap “peternakan klik” besar, di mana tiga orang menggunakan hampir 500 telepon seluler dan ratusan ribu kartu SIM untuk meningkatkan jumlah Like pada postingan WeChat tertentu untuk mendapatkan uang.

Orang-orang ini, Wang Dong, Niu Bang dan Ni Wenjin adalah penduduk asli China, beroperasi di Thailand karena biaya telepon seluler yang murah. Undang-undang Thailand juga memungkinkan mereka menghubungkan beberapa telepon seluler ke akun WeChat yang sama, sesuatu yang dilarang China untuk meminimalkan kecurangan Like. Menurut Motherboard, polisi Thailand menahan orang-orang tersebut karena bekerja tanpa izin dan menyelundupkan kartu SIM.

Peralatan yang digunakan terdiri dari 347.200 kartu SIM, 476 ponsel, 21 pembaca kartu SIM, dan sembilan komputer. Di dalam rumah kontrakan mereka, yang terletak di dekat perbatasan Kamboja, orang-orang itu telah menyimpan telepon genggam itu di rak logam raksasa, yang bisa mereka kontrol melalui komputer.

Tidak ada yang tahu bagaimana trio tersebut bisa mendapatkan begitu banyak kartu SIM dari penyedia ponsel utama Thailand, namun orang-orang tersebut mengatakan bahwa mereka telah mengoperasikan peternakan klik selama tiga bulan terakhir.

Polisi awalnya mengira bahwa orang-orang tersebut menjalankan call center ilegal, sebuah pelanggaran umum di seluruh Asia Tenggara di mana penelepon mencoba untuk menipu orang asing dari uang mereka. Namun orang-orang tersebut menjelaskan bahwa mereka mengoperasikan serangkaian akun palsu di WeChat yang mereka gunakan untuk meningkatkan jumlah Like di pos untuk siapa pun yang mau membayar.

Pimpinan polisi imigrasi Itthikorn Atthanark mengatakan kepada Associated Press bahwa orang-orang tersebut dibayar berdasarkan jumlah yang mereka hasilkan. Jika semuanya berjalan dengan baik, mereka masing-masing menerima 100.000-150.000 baht ($ 2.950 – $ 4.400/ 38 Juta – 57 juta rupiah). WeChat adalah aplikasi media sosial China terbesar dengan lebih dari 900 juta pengguna aktif.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
1
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Terbongkar, Seperti Inilah Bisnis “Like” WeChat Dilakukan

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in