Jangan Berikan Madu pada Bayi, Bisa Berakibat Kematian!


Sejak dulu madu dipercaya sebagai cairan sejuta manfaat. Pun sudah diketahui bahwa madu memang punya kandungan gizi lengkap. Dari karbohidrat sampai vitamin B complex semua ada. Sampai-sampai banyak produsen jamu yang memproduksi madu dengan berbagai merk sebagai suplemen harian.

Tapi perlu berhati-hati kalau berfikir madu akan selalu baik, terutama untuk bayi. Alih-alih ingin bayi sehat, ternyata hal ini justru berdampak buruk.

Penyataan ini pertama kali diungkap oleh salah satu lembaga kesehatan dari Amerika, yang menyarankan agar tidak memberikan madu pada bayi berusia dibawah satu tahun.

Kenapa madu berbahaya untuk bayi?

Madu berasal dari makanan yang dibawa lebah pekerja untuk kemudian diolah menjadi madu oleh lebah yang ada dalam sarang sebagai sumber cadangan makanan.

Karena proses pengolahan yang tidak steril, terdapat kandungan bakteri Clostridium Botulinium pada madu. Bakteri ini memproduksi racun bernama Botulin yang menjadi penyebab dari penyakit Botulisme. Penyakit ini adalah penyakit kronis yang menyerang otot hingga beresiko kematian.

Umumnya racun yang dihasilkan bakteri Clostrisium Botilinium dapat ditangkal oleh asam yang terdapat pada pencernaan manusia. Namun karena pada bayi yang berusia kurang dari setahun organnya masih belum sempuna, bayi belum cukup mampu untuk melawan racun ini.

Bagaimana kalau sudah terlanjur memberi madu pada bayi?

Selama ini banyak yang nyatanya tidak terjadi apa-apa walaupun sebelumnya bayi sudah diberi madu. Ini bisa disebabkan karena kadar botulin pada madu tidak terlalu tinggi, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Tidak semua madu punya kandungan Botulin, pun kejadian seperti ini juga sebenarnya jarang terjadi. Tapi bagaimanapun, sebaiknya temuan dari lembaga kesehatan Amerika ini juga perlu untuk tidak kita abaikan.

Lebih-lebih patut berhati-hati apabila setelah mengonsumsi madu, bayi mengalami gejala seperti ini :

  • Sembelit
  • Menurunnya tingkat kesadaran
  • Kesulitan menelan
  • Demam
  • Menangis

Sebaiknya segera bawa bayi ke dokter dan konsultasikan sampai mendapat kepastian yang tepat. Semoga bermanfaat.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Jangan Berikan Madu pada Bayi, Bisa Berakibat Kematian!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in