Hati-hati, Sayur Sehat Ini Beracun Kalau Cara Masaknya Salah


Pasti banyak yang pernah nonton si Popeye, tokoh kartun yang akan jadi kuat hanya dengan makan bayam kalengan. Dari truk sampai kapal bisa dia angkat. Bahkan di atas ototnya bisa muncul otot lagi.

Pun pada kenyataannya, kedahsayatan bayam memang tidak salah. Selain murah dan enak, sayuran ini juga kaya akan gizi.

Namun disamping manfaatnya yang baik untuk tubuh, mungkin kita pernah mendengar bahayanya makan bayam yang sudah dimasak lebih dari sekali, katanya bisa jadi racun. Benarkah?

Benarkah bayam akan menjadi racun jika dimasak lebih dari sekali?

Bayam kaya akan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh, salah satunya untuk membantu pembentukan hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang punya peran menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui paru-paru.

Namun zat besi pada bayam yang melalui proses oksidasi saat dipanaskan terlalu lama, ternyata akan berubah menjadi senyawa kimia bernama ferro. Senyawa inilah yang kemudian disebut racun, karena memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Tidak hanya itu, bayam yang juga punya kandungan Nitrat, setelah melalui proses pemanasan yang terlalu sering, akan berubah menjadi senyawa Nitrit yang juga merupakan racun.

Bahkan sebenarnya bukan hanya saat keseringan dimasak. Bayam juga akan menjadi racun jika dimasak terlalu lama.

Tapi sayang kan kalau harus melewatkan manfaat bayam yang disamping itu memang sangat diperlukan tubuh? Untuk itu, sebaiknya saat memasak bayam jangan terlalu lama. Cukup 3-5 menit saja sudah cukup, dan pastikan bayam tidak berwarna kehitaman setelah dimasak, itu tandanya bayam sudah mengandung racun.

Bagaimana dampaknya bagi tubuh?

Pada dasarnya semua zat yang merugikan tubuh disebut racun. Walaupun dikatakan racun, tapi keracunan akibat bayam tidak seperti keracunan makanan yang akibatnya bisa langsung dirasakan hanya beberapa saat setelah itu.

Sebelumnya racun akan tinggal dalam tubuh dulu, untuk kemudian menumpuk. Penumpukan inilah yang kemudian menjadi sebab akan munculnya berbagai penyakit.

Salah satunya adalah Sianosis, sebuah penyakit yang menganggu fungsi hemoglobin hingga tidak mampu lagi mengangkut oksigen untuk disebarkan ke seluruh tubuh.

Bagaimana kalau terlanjur sudah dimakan?

Apabila sudah terlanjur makan bayam yang sudah mengandung racun, sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan, seperti teh atau ubi ungu. Antioksidan diketahui ampuh menangkal racun dalam tubuh.

Banyak minum air putih dan rutin berolah raga juga perlu, karena selain dari urin racun juga keluar melalui keringat.

Dan tentu, perhatikan untuk kedepannya jangan memasak bayam terlalu lama, ya. Semoga bermanfaat.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Hati-hati, Sayur Sehat Ini Beracun Kalau Cara Masaknya Salah

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in