Minyak Kayu Putih Ternyata Banyak Sekali Kegunaannya


Hampir di setiap rumah selalu bisa ditemukan minyak kayu putih. Umumnya minyak kayu putih dikenal karena mafaatnya yang bisa mengatasi gatal-gatal di kulit akibat gigitan serangga atau untuk menghangatkan badan.

Disamping itu, ternyata ada lho kegunaan minyak kayu putih yang tentunya menarik untuk anda ketahui. Apa saja? Simak dibawah ini.

Menetralisir panas dari balsem otot

Apabila bagi yang baru pertama kali mencoba balsem otot biasanya akan tidak terbiasa dengan panas yang dihasilkan karena pemakaiannya terlalu berlebihan misalnya, hal ini bisa dinetralisir dengan menggunakan minyak kayu putih.

Caranya, olesi minyak kayu putih ke bagian yang telah diolesi balsem otot. Maka rasa panasnya akan segera berkurang.

Mengusir stres

Minyak kayu putih memiliki aroma yang khas dan menenangkan. Anda bisa memanfaatkan ini untuk menggunakannya sebagai aromaterapi. Bisa langsung dioleskan di kedua pelipis, atau bisa juga memakai cara dibawah ini :

  • Siapkan air hangat dalam bak mandi
  • Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih
  • Berendamlah selama beberapa menit

Menghilangkan jerawat

Diketahui jerawat disebabkan karena folikel rambut tesumbat oleh kotoran baik yang datangnya dari luar atau sel-sel kulit mati yang menimbulkan infeksi bakteri. Minyak kayu puti dipercaya memiliki kandungan antibiotik yang juga mempan pada bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa mencoba menghilangkan jerawat menggunakan minyak kayu putih dengan mengoleskan secukupnya pada daerah yang terkena jerawat.

Sebagai desinfektan

Anda bisa membuat desinfektan sendiri dengan menggunakan minyak kayu putih. Desinfektan adalah bahan yang digunakan untuk membasmi kuman. Kandungan antibiotik dalam minyak kayu putih dipercaya mampu membunuh berbagai jenis bakteri.

Cara membuatnya adalah dengan mencampur minyak kayu putih ke air dalam wadah, anda bisa menggunaakan bekas kemasan desinfektan agar bisa disemprotkan, atau botol plastik parfum bekas yang sudah dibersihkan terlebih dulu.

Mengatasi masuk angin

Sudah sejak lama minyak kayu putih dikenal sangat efektif ntuk menghangatkan badan. Beberapa orang juga ada yang memanfaatkannya untuk mengobati masuk angin. Anda bisa meracik ramuannya sendiri, caranya :

  • Siapkan satu tatakan minyak kayu putih
  • Iris bawang putih dan bawang merah
  • Campurkan untuk kemudian diolesi ke seluruh permukaan kulit

Anda bisa mencoba cara ini saat malam hari atau ketika hari libur agar aktifitas tidak terganggu.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Minyak Kayu Putih Ternyata Banyak Sekali Kegunaannya

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in