Inspiratif! Inilah Kisah ‘Gadis Basket’ yang Berjuang Demi Cita-citanya


Hidup tanpa kaki tak membuat  Qiyan Hongyan menyerah dengan keadaan. Gadis 20 tahun asal provinsi Yunnan Tiongkok ini seakan ingin menunjukan kepada dunia bahwa meski dalam keadaaan tak sempurna,  Qiyan masih bisa menjalani hidup layaknya manusia normal.

Basketball_girl_1

Qiyan mengalami hal buruk diusianya yang ke 10 karena mengalami insiden kecelakaan. Kakinya remuk tertindas truk yang membuatnya harus di amputasi. Hidup dalam garis kemiskinan membuat Qiyan tak mampu membeli prosthetik atau kaki palsu buatan.

Basketball_girl_3

Sebagai gantinya, orang tua Qiyan menggantinya dengan bola basket sebagai prosthetik sementara. Bola basket dipotong sebagian kemudian ditempelkan di bagian tubuh Qiyan. Kejadian ini menjadi viral di media sosial ketika foto-foto Qiyan beredar di dunia maya.

Basketball_girl_2

Dengan tersebarnya foto ‘Gadis Basket’ di sosial media, Qiyan banyak mendapat respon positif dan memperoleh kucuran dana dari netizen untuk membantu Qiyan untuk mendapatkan prosthetik palsu yang lebih layak. Meskipun banyak bantuan dana dari netizen, ternyata uang yang terkumpul belum cukup untuk membayar sepasang kaki palsu.

Basketball_girl_5

Qiyan tahu bahwa meskipun dirinya cacat, tak ada seorang pun yang mampu menghentikan langkahnya untuk meraih cita-cita. Sebagai pembuktian dirinya, Qiyan bergabung dengan klub renang lokal khusus untuk orang-orang disabilitas.

Basketball_girl_8

Tak mudah baginya untuk bisa berenang tanpa kedua kaki. Qiyan sering tersedak dan tak jarang tenggelam ketika berlatih. Namun ketekunan dan usahanya mampu membantunya melewati masa-masa sulit.

Basketball_girl_9

Qiyan Hongyan bermimpi suatu saat ingin berkompetisi di Paralympic Games. Pada usia nya yang ke 18 tahun, Qiyan sangat bersyukur karena mendapat sepasang kaki yang lebih realistis yang membuatnya terlihat bahagia.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Inspiratif! Inilah Kisah ‘Gadis Basket’ yang Berjuang Demi Cita-citanya

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in