Wow! Ini 3 Robot yang Bisa Jadi Asisten Pribadi Kita


Kuri_Bianca17

Imajinasi kita tentang robot yang menyerupai kemampuan manusia memang masih jauh untuk dicapai. Namun untuk robot yang bisa membantu aktivitas manusia, bukanlah sekedar imajinasi sekarang ini.

Robot memang diciptakan untuk membantu aktivitas manusia. Jika awalnya hanya digunakan di tempat industri, sekarang ini robot ada di rumah dan berperan sebagai asisten pribadi kita.

Ingin tahu apa saja robot yang bisa jadi asisten pribadi? Berikut ini adalah 3 robot yang bisa mendampingi kita sebagai asisten pribadi.

ZenBo – Asus

New-Zenbo-robot-controls-your-home-and-could-even-control-what-you-eat-if-you-let-it

Asus yang telah lama dikenal publik dengan produk Notebook dan Smartphonenya, kini turut meramaikan dunia robotik dengan merilis Robot ZenBo. ZenBo adalah komputasi robot yang diciptakan untuk membantu kehidupan rumah tangga.

Robot kecil dengan kepala berbentuk layar ini akan terhubung dengan banyak perangkat rumah seperti televisi, AC, CCTV, kunci elektrik, dan semua perangkat smarthome lainnya. Jadi kamu bisa mengendalikan rumah cukup dengan memberi ZenBo perintah suara.

Sebagai asisten pribadi, ZenBo akan otomatis menghampiri dan mengingatkan semua kegiatanmu. Kamu juga bisa memanggil ZenBo dan memerintahkan banyak hal kepadanya, seperti melakukan panggilan, menampilkan video, belanja online, dll.

Semua aktivitas itu akan ditampilkan di layar kepalanya yang berfungsi juga sebagai layar sentuh. Uniknya ZenBo bukan sekedar sebagai asisten, tapi juga sebagai teman penghibur bagi anak-anak. ZenBo bisa membacakan cerita anak dengan cara yang interaktif.

Yang spesial lagi, ZenBo akan menjadi penolong tuannya saat terjadi keadaan darurat. ZenBo akan otomatis mendeteksi majikannya yang terjatuh, lalu melakukan panggilan darurat ke kerabat atau medis.

Kuri – Mayfield Robotics/Bosch

kuri_inspires

Walau mungil, tapi robot ini cukup canggih untuk membantu urusan rumah tangga. Robot setinggi setinggi 50 cm ini memiliki sensor yang bisa mengenali setiap anggota keluarga. Misal anggota keluarga telah pulang atau pergi, dia langsung memberi kabar keluarga yang lain.

Dengan sensor itu Kuri juga bisa mengenali dan berkeliling ke setiap sudut rumah. Jika kamu bepergian, kamu bisa mengecek keadaan rumah berkat kamera 1080p Kuri yang terhubung ke smartphone.

Kuri juga bisa merespon dan menjawab pertanyaan dari manusia. Yang paling unik adalah wajahnya saat dielus akan menunjukkan ekspresi imut dan menggemaskan.

Jika baterainya habis, Kuri otomatis akan berisi baterainya sendiri. Robot ini memang dibuat untuk konsumen luas, karena itu harganya sangat terjangkau sekitar 9 juta rupiah.

Gita – Piaggio

gita-4-970x647-c

Dikenal sebagai produsen sepeda motor, Piaggio kini juga ikut membuat robot sebagai asisten manusia. Jika ZenBo dan Kuri adalah asisten rumah tangga, maka Gita adalah asisten pribadi yang menemani manusia keluar rumah.

Robot setinggi 66 cm ini adalah robot yang akan membawakan barang pemiliknya saat keluar rumah. Dia akan membawakan barang-barang keperluan kantor, atau membawa barang belanjaan hingga 18 kg. Secara otomatis dia akan mengikuti kemanapun pemiliknya pergi.

Berbentuk seperti roda, Gita mampu berjalan dengan dinamis dan cepat. Diklaim mampu menempuh kecepatan maksimal 35 km/jam, tentu mudah bagi robit ini mengikuti tuannya saat berlari atau bersepeda.

Dibekali sensor dan navigasi yang canggih, Gita bisa berjalan dengan baik di jalanan. Melewati trotoar, jembatan, tanjakan, bahkan navigasinya juga baik saat di dalam ruangan.

Sementara ini Gita hanya dipasarkan B2B (business-to-business). Namun tidak menutup kemungkinan tahun ini Gita akan dipasarkan secara masal kepada konsumen luas.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Wow! Ini 3 Robot yang Bisa Jadi Asisten Pribadi Kita

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in