Wah, Pakaian Unik Ini Dibuat dari Bulu Anjing


Chiengora adalah seni membuat produk kain dari bulu anjing yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. “Chien” berarti anjing dalam bahasa Perancis dan “Gora” diambil dari anggota.

Dan saat ini Chiengora masih digunakan oleh orang yang tinggal dekat kutub utara.

Tapi seorang wanita di Chicago ini membuat Chiengora untuk pecinta anjing yang ingin selalu dekat dengan hewan kesayangan mereka.

chiengora-bulu-anjing

Jeannie Sanke dari Evanston, Illinois mulai membuat Chiengora dua tahun lalu. Sejak itu dia membuat semua jenis pakaian dari bulu anjing, seperti sweater, poncho, sarung tangan, dan tatakan gelas.

chiengora-3

chiengora-2

Dia menjual produk-produknya di toko online Etsy dan memposting foto-foto produk terbarunya di akun Facebook, Knit Your Dog.

Kebanyakan kliennya tentunya adalah pecinta anjing, terutama para pemilik dari anjing yang sudah mati dan ingin mengenang hewan kesayangan mereka.

chiengora-4

Jeannie mengatakan bahwa bulu anjing tidak seperti bulu domba, kambing, atau alpaka. Bulu anjing tidak boleh dipotong, tapi hanya boleh disisir. Karena bulu anjing yang dipotong tidak bisa dipintal menjadi benang.

Dia juga memberitahu kliennya bahwa lapisan luar yang berkilau dari bulu anjing tidak bisa digunakan karena bersifat anti air.

Menurutnya anjing berbulu tebal seperti Golden Retriever, Chow Chow, dan anjing Peking memiliki bahan yang sempurna untuk Chiengora.

chiengora-1

Tapi Jeannie juga bisa mengerjakan bulu anjing yang pendek dengan menggabungkannya dengan serat dari wol domba atau alpaka.

Dia juga memiliki teknik sendiri agar bulu anjing menjadi bersih dan tidak berbau.

Bulu anjing diklaim 50 persen lebih hangat dari bahan wol lain. Tapi bagi kebanyakan orang, yang terpenting mereka merasa dekat dengan hewan yang mereka sayangi, meskipun hewan itu sudah tidak ada.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Wah, Pakaian Unik Ini Dibuat dari Bulu Anjing

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in