Jarang Diketahui, Ini Dia Pencetus THR Pertama di Indonesia


Hari raya adalah hari yang sangat dinantikan oleh seluruh umat islam di dunia terlebih lagi di Indonesia. Negara yang mayoritas umat islam ini pastinya sangat sangat menantikan hari lebaran. Disamping bertemu dengan sanak famili, tapi menjelang lebaran kita tidak asing mengenal THR. Namun, pernahkah kalian berpikir, siapa pencetus THR pertama kali di Indonesia? Nah, artikel ini akan membahas secara tuntas tentang THR dan siapa pencetus pertamanya.

Soekiman Wirjosandjojo

THR sungguh sangat membantu para pekerja untuk memenuhi kebutuhan hari raya keagamaan. Dan tentunya hal ini sangat di tunggu tunggu oleh setiap pasang mata di Indonesia.

THR sendiri dicantumkan di dalam Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Isinya : penguasaha wajib memberikan THR atau pendapatan non upah kepada para pekerjanya menjelang Hari Raya keagamaan.

Pencetus THR ini ternyata adalah sosok terpandang di Republik Indonesia. Dia adalah Perdana Menteri sekaligus Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia ke-6, Soekiman Wirjosandjojo.

Pada awalnya Soekiman menggagas THR dan hanya diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di setiap akhir bulan ramadhan. THR pada waktu yang diberikan kepada PNS berkisar antara Rp 125 sampai Rp 200 atau setara dengan Rp 1,1 juta atau Rp 1,7 juta untuk saat ini.

150205101456_rupiah_uang_624x351_getty

Namun, protes dari para buruh pun diajukan atas nama ketidakadilan. Mereka menganggap kalau pemerintah tidak adil karena memberikan THR hanya pada golongan PNS. Padahal baik PNS maupun bukan, semuanya sama sama bekerja keras. Hingga puncaknya para buruh melakukan mogok kerja selama seminggu secara serentak.

Dan secara berangsur angsur, kini THR diberikan kepada seluruh pekerja di Indonesia di setiap menjelang lebaran. Nah, kalau udah tahu siapa pencetus dan Undang undangnya, kira kira bagaimana pendapat kalian kalau Nulis.co.id kasih THR?

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
1
Top
Love Love
1
Love

Jarang Diketahui, Ini Dia Pencetus THR Pertama di Indonesia

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in