5 Jenis Kecanduan Teknologi yang Bisa Membahayakan Diri Kamu


teknologi

Tanpa kamu sadari ternyata semakin berkembang teknologi saar ini, tidak  hanya bisa membawa perubahan positif untuk hidup, tapi  juga bisa membahayakan diri kalau dipakai secara berlebihan yang bisa menyebabkan kecanduan teknologi.

Oleh sebab itu, penting hukumnya untuk memanajemen intensitas penggunaan teknologimu untuk menghindari kecanduan teknologi yang membahayakan diri sendiri.

Berikut 5 Jenis Kecanduan Teknologi yang Bisa Membahayakan Diri Kamu :

Kecanduan internet

Kecanduan internet

Bagi orang yang udah biasanya  kecanduan internet biasanya lebih mengurung diri untuk berkomunikasi dengan orang sekitar. Cobalah untuk bertanya, walau hanya hal-hal sepele yang bisa ditanyain ke orang lain, orang yang udah kecanduan internet lebih memilih untuk browsing di internet dibandingkan ngobrol dengan orang sekitar. Dan tentunya, kecanduan ini bisa bikin kamu jadi anti sosial dan juga menarik diri dari lingkungan sekitar.

Kecanduan main game

Kecanduan main game

Kebanyakan orang  Kalau kamu nggak bisa hidup sehari tanpa game, tandanya kamu sudah kecanduan main game. Biasanya, salah satu ciri kamu udah kecanduan main game adalah kamu menghabiskan sebagian besar waktumu di kamar untuk bermain game lewat komputer atau handphone. Pastinya, kalau ada waktu senggang langsung kamu manfaatin untuk main game.

Hati-hati, kecanduan main game bisa mempengaruhi perilakumu. Salah satunya jadi anti sosial dan juga tidak memanfaatkan waktu yang kamu punya untuk hal yang produktif.

Kecanduan selfie

Kecanduan selfie

Masih ingat, seberapa sering kamu selfie? Kalau setiap hari dan juga berkali-kali dalam sehari, bisa jadi kamu udah termasuk gila selfie. Selfie yang berlebihan ini bisa memicu kelainan, yaitu kelainan narsisme. Walaupun biasanya narsisme dianggap sebagai lelucon, tapi sebenarnya ada  kelainan narsisme ini yaitu terlalu mengagumi diri sendiri, namanya Narcissistic Personality Disorder (NPD).

Kecanduan main handphone

Kecanduan main handphone

Bagi orang yang udah kecanduan main handphone lebih menghabiskan sebagian waktunya untuk bermain dengan handphone. Mulai dari sekedar browsing internet, main sosial media atau bahkan dengerin musik. Bukannya bergaul dengan orang sekeliling tapi orang yang sudah kecanduan main handphone akan memilih untuk bermain handphone.

Kecanduan sosial media

Social media addiction

Kalau kamu punya satu, dua atau bahkan tiga sosial media, berarti kamu masih dalam tahap normal. Namun jikalau kamu punya akun di setiap sosial media yang ada, coba dipikirin lagi, jangan-jangan kamu sudah kecanduan sosial media.

Kecanduan sosial media ini bisa mengganggu hubungan sosialmu dengan orang sekitar dan juga menurunkan kepercayaan dirimu untuk berhadapan langsung dengan orang sekitar. Untuk  itu cobalah disaring lagi ya sosial media yang emang penting untukmu dan tetap sempatkan waktu untuk berhubungan dengan orang sekitar.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
1
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

5 Jenis Kecanduan Teknologi yang Bisa Membahayakan Diri Kamu

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in