Ternyata Inilah Dalang dari Kasus Pemboman Kampung Melayu


ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) mengaku bertanggung jawab terhadap serangan bom di halte bus Transjakarta Kampung Melayu, Jakarta Timur. Pernyataan tersebut dikeluarkan ISIS melalui kantor berita pro ISIS, Al-Amaq, seperti dikutip Reuters, Jumat (26/5/17).

“Eksekutor serangan di Jakarta adalah pejuang kami,” demikian pernyataan ISIS.

Pernyataan ISIS ini membantah spekulasi yang berkembang sebelumnya yang menduga serangan di lakukan oleh kelompok Jamaah Ansharu Daulah (JAD). Dugaan ini muncul dengan melihat pola serangan yang menjadikan anggota kepolisian sebagai target.

Menanggapi pernyataan ISIS ini, Polri tidak membantahnya.

“Melihat pola, jenis serpihan bomnya, konten dan komponennya, sama dengan yang dilakukan kelompok teror ISIS yang selama ini melakukan aksi di Indonesia. Jadi, patut diduga mereka yang melakukan,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Martinus Sitompul, kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/5/17).

Serangan bom di halte dekat terminal Kampung Melayu terjadi pada Rabu (24/5/17) sekitar pukul 21.00 dan 21.05 WIB. Dalam rentang waktu lima menit dua ledakan keras terjadi.

Serangan tersebut menewaskan tiga anggota polisi yang sedang bertugas mengamankan acara pawai rakyat menyambut Ramadhan. Dua orang tewas lainnya diduga sebagai pelaku peledakan. Sementara 11 orang yang mengalami luka-luka kini masih dalam perawatan di berbagai rumah sakit di Jakarta.

Pasca ledakan, polisi telah mengantongi identitas pelaku. Mereka adalah I dan AS. Keduanya laki-laki warga Bandung, Jawa Barat. Kini polisi sedang melakukan penyelidikan intensif.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Ternyata Inilah Dalang dari Kasus Pemboman Kampung Melayu

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in