Sehatkan Paru-Paru dengan 5 Jenis Olahraga Ini


olahraga yang menyehatkan paru paru

Organ paru-paru memiliki peran penting dalam mengatur sistem pernapasan tubuh. Sehingga merawat serta menjaga paru-paru  agar tetap sehat dan bugar, sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap orang.

Selain mengonsumsi jenis makanan yang baik untuk paru-paru, tentu Anda bisa menilik jenis olahraga yang memang diprioritaskan, sebagai langkah alami dalam membantu organ paru-paru agar tetap sehat. Sehingga dengan menerapkan jenis olahraga pilihan ini, bisa menjadikan tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

1. Olahraga Lari

Melakukan olahraga lari bisa dengan mudah untuk Anda terapkan. Selain jenis olahraga ini cukup menyenangkan, dengan berlari juga akan membuat otot diafragma menjadi lebih cepat dalam melakukan fungsi kerjanya. Sehingga dari situ akan melancarkan sistem penapasan, serta menjadikan pernapasan lebih sehat.

2. Bersepeda

Dengan cara bersepeda secara rutin dan teratur, memang bisa menjadikan kondisi paru-paru sehat dan bugar kembali. Yang mana di saat menggayung sepeda, maka secara otomatis tubuh Anda pun akan mengeluarkan dan menghirup oksigen secara perlahan. Sehingga dari situ akan memberikan khasiat, yakni meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain itu kegiatan bersepeda ini juga mampu menguatkan otot pernapasan tubuh, dan menjadikan aliran sirkulasi pernapasan tubuh menjadi lancar.

3. Berlatih Tai Chi

Berdasarkan hasil penelitian yang ada di rumah sakit umum Repatriasi dan Sydney University pada tahun 2012 silam, menunjukkan bahwa bagi orang yang menderita penyakit paru obstruktif kronik atau COPD, ternyata memiliki kualitas yang lebih baik setelah mereka melakukan Tai Chi. Yang mana di saat berlatih Tai Chi ini, terdapat kombinasi dari meditasi dan mengatur pernapasan yang disertai dengan gerakan lambat. Dari situ bisa menjadikan tubuh untuk meningkatkan serta memperkuat daya imunitasnya.

4. Bermain Futsal

Futsal termasuk salah satu jenis olahraga yang diminati oleh banyak orang. Kegiatan olahraga ini juga bisa menyehatkan paru-paru dalam tubuh. Yang mana di saat seseorang melakukan olahraga yang satu ini, maka secara bersamaan VO2 atau tingkat volume oksigen maksimal yang dikelola tubuh akan bekerja, serta mengukur seberapa cepat organ paru-paru melakukan proses sirkulasi udara.

5. Berenang

Berdasarkan hasil penelitian yang terdapat di University of The Pacific, AS, menunjukkan bahwa melakukan kegiatan renang juga dapat mengurangi frekuensi bernapas dan meningkatkan jumlah kadar oksigen yang masuk ke paru-paru. Bahkan dengan berenang, secara tak sengaja tubuh akan berlatih untuk mengambil dan menahan napas serta mengeluarkan napas. Sehingga akan membantu meningkatkan kinerja organ paru-paru untuk lebih maksimal.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
1
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Sehatkan Paru-Paru dengan 5 Jenis Olahraga Ini

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in