Bikin Taman Baca Anak Rumahan, Yuk!


Menumbuhkan minat baca dari rumah

Menjadi manusia yang bermanfaat adalah harapan setiap manusia. Tanpa terkecuali saya. Melihat banyaknya buku bacaan si kecil yang menumpuk di lemari, membuat hati saya tergerak menyumbangkannya. Namun karena si kecil terkadang juga masih ingin membacanya, ide lama saya pun muncul kembali. Saya berinisiatif bagaimana kalau dibuat taman baca saja. Sehingga baik si kecil, teman-temannya, juga para anak tetangga bisa turut menikmati buka bacaan ini.

Taman baca ini memang ingin saya buat secara sederhana saja. Dengan memanfaatkan ruang yang ada untuk disulap menjadi sebuah taman baca yang menyenangkan bagi anak-anak. Karena ini bukan day-care sehingga bagi anak dibawah 7 tahun harus didampingi oleh orang tua ataupun orang yang dipercaya.

Membuat taman baca adalah cita-cita saya sejak lama. Keprihatinan saya terhadap dunia anak timbul saat melihat mereka justru banyak menghabiskan waktu di warnet untuk bermain game. Sungguh sangat disayangkan, padahal kelak di tangan merekalah bangsa Indonesia ini tumbuh dan berkembang. Hal ini makin membulatkan tekad saya untuk membangun taman baca ini. Berharap kelak akan terbentuk generasi yang tidak hanya berilmu-pengetahuan tetapi juga berakhlak mulia.

Karena ini taman baca anak, sehingga buku-buku yang disediakan pun seputar dunia anak. Tentu setelah melalui serangkaian proses penyaringan, bahwa buku yang ada benar-benar buku yang ramah anak dan sarat akan nilai kebaikan. Oleh karenanya penting adanya pendampingan bagi anak usia dibawah 7 tahun.

Karena ini suatu aktivitas non-profit maka diharapkan kerja sama yang baik dengan para pembaca. Ada aturan-aturan yang harus mereka taati demi kenyamanan bersama. Misalnya menaruh alas kaki di tempatnya, membaca buku di dalam ruangan, turut merawat buku, tidak boleh sambil makan, juga mengisi buku kehadiran lengkap dengan jam kedatangan dan kepulangan. Hal-hal yang lain akan difikirkan sambil berjalan. Karena menunggu sempurna hanya akan membuang-buang waktu.

Sebagai seorang yang memiliki hobi menulis, saya pun turut memberikan wadah bagi mereka. Saya akan siapkan lembar khusus penulis cilik, dimana mereka dapat menuangkan segala ide ceritanya untuk nanti bila sudah terkumpul cukup banyak, bisa diterbitkan menjadi sebuah buku. Dari mereka dan untuk mereka. Hal ini bertujuan agar menjadi motivasi bagi mereka dan anak-anak yang lain dalam menumbuhkan minat membaca.

Semoga tahun ini keinginan saya membuat taman baca anak bisa terwujud.

#lombaNulis

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Bikin Taman Baca Anak Rumahan, Yuk!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in