Benarkah Makan Cokelat Berlebihan Bisa Timbulkan Jerawat?


Banyak orang beranggapan bahwa makan banyak cokelat bisa menyebabkan jerawat. Karena itulah, banyak orang yang sengaja menghindari cokelat, terutama kaum hawa. Kalaupun dimakan, mungkin cuman sedikit dan tidak terlalu sering. Meski anggapan tersebut sudah meluas, namun tidak sepenuhnya benar.

cokolat co

Dibeberapa workshop dan salon kecantikan, cokelat bahkan dijadikan sebagai bahan untuk masker atau scrub, dan hasilnya terbilang positif. Coklat sendiri mengendung flavonoid, yakni salah satu jenis antioksidan epikaten dan prosianidin yang bersifat sebagai antiseptik dan anti-inflamasi. Kandungan ini diyakini mampu melindungi kerusakan kulit dari polusi.

Bukan hanya itu, cokelat juga bisa memperbaiki sel-sel kulit rusak, menyehatkan kulit, dan menghilangkan noda. Bahkan cokelat bisa dijadikan sebagai alat untuk memerengi kerutan kulit. Sebab ada kandungan kolagen dan elastin didalamnya.

Manfaat lainnya juga masih banyak, seperti menghilangkan stress, menstabilkan kelembapan kulit, melindungi dari sinar UV, serta menghaluskan kulit. Salah seorang doter kulit juga menganggap bahwa cokelat bisa menyebabkan jerawat hanyalah sebuah mitos.

Dengan demikian cokelat tidak dapat dikaitkan dengan jerawat. Cokelat sangat beragam, lalu jenis cokelat mana yang bisa berdampak buruk bagi kita?

Milk dan cokelat putih memiliki kandungan susu, gula dan tambahan lain yang lebih banyak bila dibandingkan dengan dark coklat. Bagi sebagian besar orang, susu dan gula bisa menyeabkan perubahan hormon, terutama pada orang yang sesnsitif pada jerawat.

Dark Coklat memiliki ragam manfaat. Kandungan flavonoidnya, yakni  prosianidin dan katekin sangat baik sebagai antioksidan, dan menghalau radikal bebas.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Benarkah Makan Cokelat Berlebihan Bisa Timbulkan Jerawat?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in