Pulau Seribu Tawarkan Suasana Baru untuk Berlibur


Gb1

 

Bagi para wisatawan pecinta wisata air terutama laut, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu pulau indah yakni Kepulauan Seribu. Letaknya yang tak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta, membuat Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata favorit.

 

Kepulauan Seribu adalah kawasan berupa gugusan pulau yang terletak di utara Teluk Jakarta. Pulau Seribu menjadi salah satu destinasi wisata dunia. Bahkan, Kepulauan Seribu mendapat julukan sebagai Maldiven van Java, karena keindahan pulau-pulau tropis dengan posisi berdekatan layaknya di Maladewa.

 

Secara teknis, Kepulauan Seribu terdiri dari 110 pulau. Di mana 11 pulaunya memiliki penduduk, sedangkan tujuh di antaranya merupakan resort sedangkan sisanya tidak berpenghuni.

 

Inovasi untuk menggaet kedatangan wisatawan dari dalam maupun luar negeri terus dilakukan Pemerintah Kepulauan Seribu. Salah satunya memperbaiki dan melengkapi fasilitas dan menciptakan spot-spot menarik yang instagramable yang ada di pulau-pulau.

 

Menuju ke Kepulauan Seribu cukup mudah hanya tinggal menyeberang naik kapal dari Pelabuhan Marina Ancol atau Pelabuhan Muara Angke. Lamanya perjalanan di atas kapal tergantung pulau yang ingin dituju. Sedangkan besaran tiket tergantung kapal yang dipesan.

 

Gb2

 

Salah satu pulau yang tengah digemari oleh pengunjung yaitu Pulau Semak Daun. Pulau yang memiliki luas delapan hektare dengan suasana yang rimbun ini, menjadi tujuan favorit para pengunjung yang ingin menikmati keindahan asri pantai dan bawah lautnya. Pulau ini juga terkenal dengan pantainya yang memiliki gradasi warna yang cantik dan jernih, pasir putih yang membantang sepanjang garis pantai, serta terumbu karang yang sangat indah.

 

Dengan keindahan itu, maka banyak pengunjung melakukan snorkeling di sekitar pulau ini. Jika berangkat dari Pulau Pramuka, maka Pulau Semak Daun dapat ditempuh kurang lebih 45-60 menit.

 

“Pulau Semak Daun sangat cocok untuk istirahat makan siang dan bersantai bersama keluarga dan sahabat, apalagi setelah dari pagi melakukan perjalanan mengarungi laut dan snorkeling. Namun banyak juga pengunjung yang memilih berkemah di pulau ini, karena pulau tidak berpenghuni,” kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu Cucu Kurnia.

 

Uniknya, warna laut di sekitar Pulau Semak Daun memiliki gradasi warna yang cantik yakni biru dan biru kehijauan yang segar. Ada dermaga kecil dan pos pantau yang juga bisa digunakan traveler untuk menikmati pemandangan sekaligus spot foto yang instagramable.

 

“Di pulau ini tersedia kamar mandi umum yang dapat digunakan traveler untuk bersih-bersih setelah puas bermain air di laut. Di pulau ini pun ada pedagang yang berjualan tapi tidak menetap di sana. Mereka berasal dari pulau sekitar yang memang berpenghuni,” terangnya.

 

Gb3

 

Meskipun Pulau Semak Daun kerap digunakan sebagai lokasi makan siang para pengunjung, dan perkemahan ia selalu mengingatkan pengunjung untuk memastikan selalu membawa sampah yang dibawa untuk dibuang ke tempatnya.

 

“Pulau ini sangat indah dan masih asri, jadi akan sayang sekali jika tidak terawat dan terjaga kebersihan. Sehingga kami selalu aktif untuk menghimbau pengunjung untuk selalu menjaga lingkungan,” pungkasnya.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Pulau Seribu Tawarkan Suasana Baru untuk Berlibur

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in