Lomba Debat Kwik Kian Gie Tahap Kedua dengan Tema Bisnis Online Kembali Digelar


Pada tanggal 30 November dan 1 Desember kemarin UKM Litbangg kembali menyelenggarakan lomba debat untuk yang kedua kalinya. Lomba debat kali ini berjudul KKG REDETECTION yaitu “Research and Development Debate Competition” dengan mengusung tema “Perkembangan Bisnis Online di Indonesia”.

Lomba debat ini dilaksanakan di Kampus Kwik Kian Gie. Untuk teknis lomba debat yang digunakan adalah Asian Parlementary. Acara debat ini diadakan selama dua hari dari pukul 08.00-18.45 malam pada hari pertama dan pukul 07.00-14.00 siang pada hari kedua.

Lomba debat ini diikuti oleh 12 tim, yaitu, 3 tim dari SMA UPH COLLEGE, 3 tim dari SMTK BETHEL JAKARTA, 2 tim dari SMA KANAAN, 2 tim dari SMAN 10 BEKASI dan 2 tim dari SMA 2 JAKARTA. Debat ini merupakan salah satu event besar dari UKM Litbangg.

Tujuan debat ini diadakan adalah untuk menjadikan siswa/siswi yang berani menyampaikan pendapatnya di depan umum dan dapat mempertahankan pendapat mereka. Selain itu juga dapat membuat mereka lebih tau tentang perekonomian pada zaman sekarang yang disebut 4.0 yaitu semua yang serba online.

Untuk format debat Asian parliamentary ini melibatkan dua tim; tim Pemerintah (Government) dan tim Oposisi (Opposition), yang masing-masing terdiri dari tiga orang pembicara (speakers). Jalannya debat dipimpin dan diarahkan oleh seorang moderator yang nantinya memanggil pembicara sesuai dengan urutan, dan seorang Time Keeper, yang menghitung waktu yang sudah dihabiskan oleh pembicara.

Mosi (topik debat) dalam format ini diberikan dalam bentuk pernyataan yang harus didukung oleh pihak Pemerintah dan ditentang oleh pihak Oposisi. Suasana pada lomba debat itu sangat seru sekaligus menegangkan, karena dari berbagai tim menyampaikan pendapat mereka dengan sangat yakin.

Pada akhirnya lomba debat tersebut dimenangkan oleh SMAN 2 Jakarta Tim A sebagai juara pertama, SMAN 2 Jakarta Tim Bsebagai juara kedua, dan SMA UPH College Tim C sebagai juara ketiga. Sementara untuk bestspeaker debat dimenangkan oleh Windy Ivana Weun dari SMAN 2 Jakarta.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Lomba Debat Kwik Kian Gie Tahap Kedua dengan Tema Bisnis Online Kembali Digelar

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in