7 Fakta Peringatan Hari Perempuan Sedunia


women

Gagasan tentang perayaan ini sebenarnya telah muncul sejak abad ke 20. Ketika itu, kaum perempuan yang bekerja sebagai buruh tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City. Mereka mengeluhkan kinerja yang buruk dan tingkat gaji yang rendah. Kisah ini kemudian menginspirasi wanita di seluruh dunia.

Untuk menambah informasi, laman Mirror, dilansir pada 2016 silam menyebutkan 7 fakta menarik seputar Hari Perempuan Internasional yang dirayakan setiap tahun. Berikut ulasannya:

1. Setiap Hari Perempuan Internasional, semua perempuan merayakan prestasi mereka termasuk kisah hidup yang menginspirasi perempuan lainnya di seluruh dunia.

2. Hari Perempuan Nasional pertama dilakukan pada tanggal 28 Februari 1909 di Amerika Serikat setelah deklarasi Partai Sosialis Amerika.

3. Clara Zetkin menjadi pemimpin untuk kantor perempuan yang bekerja di bawah Partai Sosial Demokrat di Jerman. Dia menggagas ide untuk melakukan perayaan Hari Perempuan Internasional.

4. Pada 19 Maret 1911, Hari Perempuan Internasional dirayakan untuk pertama kalinya di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.Maret. Lebih dari satu juta orang datang berunjuk rasa dan mengampanyekan hak-hak perempuan dalam bekerja dan memegang jabatan.

5. Hari Perempuan Internasional diganti menjadi 8 Maret dan sejak tahun 1975, PBB mulai mensponsori Hari Perempuan Internasional

6. Amerika Serikat menunjuk bulan Maret sebagai ‘Women’s History Month’

7. Setiap 8 Maret, hanya 15 negara termasuk Cina, Ukraina dan Vietnam yang menyatakan libur resmi untuk merayakan Hari perempuan Internasional

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

7 Fakta Peringatan Hari Perempuan Sedunia

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in