Tak Dibutuhan Lagi, Pilot Pesawat Tempur Bisa Nganggur kalau Hal ini Terjadi


Pilot berada di kokpit pesawat tempur. sumber: madison.com
Pilot berada di kokpit pesawat tempur
Sumber: madison.com

Perkembangan teknologi berkembang sangat cepat dan membuat banyak hal menjadi tertinggal jika tidak segera berubah mengikuti perkembangan.
Hal ini juga berlaku terhadap teknologi pesawat tempur yang terus mengalami perkembangan dengan berbagai macam teknologi baru yang diciptakan.

Sumber: taskandpurpose.com
Sumber: taskandpurpose.com

Sebuah gagasan futuristik muncul dari salah satu senator asal Amerika Serikat, Gary Peters, ia mengatakan bahwa suatu hari pesawat tempur generasi kelima AS F-35 tak membutuhkan pilot lagi, dikutip dari sputniknews.com(1/3/2018).
Gagasan Peters ini memandang bahwa perang di masa depan lebih membutuhkan perangkat dengan kemampuan autonomous atau gerak sendiri tanpa dikendalikan manusia.

Sumber: duffelblog.com
Sumber: duffelblog.com

Pabrik pembuat pesawat F-35, Lockheed Martin, tenyata juga sedang berusaha untuk menciptakan F-35 tanpa pilot yang sejak keberhasilan terbang perdana pesawat tersebut.
Varian F-35 sendiri termasuk pesawat pesawat tempur tercanggih saat ini yang memiliki kemampuan siluman serta perangkat avionik terbaru.
Apabila gagasan ini terealisasi, bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti banyak pilot pesawat tempur yang kehilangan pekerjaan akibat perannya sudah tergantikan oleh teknologi.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Tak Dibutuhan Lagi, Pilot Pesawat Tempur Bisa Nganggur kalau Hal ini Terjadi

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in