4 Penyakit Mata yang Muncul Jika Sering Memakai Lensa Kontak


memang penggunaan softlens lebih praktis dibandingkan kacamata yang punya banyak sisi minusnya karena kurang praktis dan lensanya lensanya mudah kotor yang menyebabkan pandangan tetap terganggu. tapi kontak lensa juga punya punya sisi minus yang lebih parah jika terlalu sering digunakan karena bola mata secara alami tidak boleh terkena kontak objek asing terus menerus. ada berbagai macam penyakit yang bisa mata kita derita jika terlalu sering memakai lensa kontak.

1. Penyakit Edema

Hasil gambar untuk edema mata

penyakita edema terjadi karena bola mata kekurangan oksigen karena tertutup lensa kontak atau juga karena kondisi mata yang tidak steril. penyakit edema ini juga bisa merusak pembuluh darah pada mata. awal kemunculanya bisa dirasakan pada saat memakai lensa kontak penglihatan tetap tidak terlihat jelas. untuk menghindari kemunculanya segera lepas kontak lensa dan istirahatkan mata dan kompres dengan air hangat dan segera hubungi dokter. setelah itu untuk sementara beralih lagi dengan memakai kacamata. agar penyakit ini bisa segera hilang kalau di biarkan bisa menyebabkan iritasi bahkan kebutaan permanen.

saat memakai kontak lens tapi dengan keadaan tangan tidak higienis adalah pemicu utama penyakit ini.

2. Iritasi Pada Mata

Hasil gambar untuk iritasi mata

Saat menggunakan lensa kontak hindari tempat yang berdebu karena debu yang menempel pada mata yang memakai lensa kontak tidak tersapu dengan sempurna saat berkedip, sehingga menempel pada mata yang menyebabkan gatal dan iritasi. jika tidak ditangani dengan benar akan menyebabkan goresan kecil pada bola mata akibat berkedip atau secara sengaja di gosok dengan tangan karena rasa gatal. sebaiknya memilih memakai lensa kontak jika sering berada di ruangan tertutup.

3. Softlens Rusak di Dalam Mata

Hasil gambar untuk softlens in eye broke

untuk menghindari hal ini sebaiknya tidak memakai kontak lensa saat sedang berolahraga berat, atau memakainya pada saat sedang tidur. jika memakai  lensa kontak saat tidur tidak jarang pada saat sedang tidur, lensa kontak akan bergerak pada tempat yang tidak semestinya dimata dan jika terkena tekanan yang cukup kuat akan menyebabkan lensa menjadi retak kalau memakai lensa yang padat pecahanya bisa langsung mensuk dan merobek bola mata sehingga akan fatal.

jika memakai lensa kontak saat sedang berolahraga berat paling tidak pilihlah lensa yang lunak agar pada saat kontraksi otot yang terjadi tidak akan menyebabkan kerusakan yang berarti pada lensa kontak.

segera dapatkan penanganan langsung dari dokter jika sampai terjadi pada mata anda.

4. Infeksi Kornea Mata

Hasil gambar untuk cornea infection

Softlens yang terlalu lama dipakai jika tidak dirawat dengan baik dan dijaga kebersihanya akan menjadi sarang berbagai macam kuman, virus, dan juga partikel-partikel debu yang menempel pada permukaan softlens jika terbiasa di gunakan  dan belum juga diganti akan muncul infeksi kornea yang sedang maupun parah.

Sebaiknya jika kamu tetap memilih kontak lensa untuk digunakan sehari-hari pilihlah lensa kontak yang terbaik yang bisa kamu dapatkan sertakan resep dokter untuk mendapatkan ukuran yang wajar dan pahami cara merawat lensa yang baik dan patuhi aturan yang benar dalam memakai lensa kontak yang benar dan jangan membeli kontak lensa secara sembarangan demi penglihatan yang tetap terjaga kesehatanya.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

4 Penyakit Mata yang Muncul Jika Sering Memakai Lensa Kontak

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in