Pengamat: Jokowi Harus Berdamai dengan Habib Rizieq, Demi Keamanan Negara


1519111710-picsay

Sosok Habib Rizieq, beberapa waktu terakhir cukup populer di Indonesia, aktor dibelakang gerakan 212 ini sukses menarik perhatian publik tanah air, dengan berbagai aksinya, dukungan pun mengalir, dari berbagai elemen umat Islam. Namun tak sedikit pula kalangan yang membencinya, caci maki dan sumpah serapah di media sosial, ditujukan untuk tokoh ulama FPI ini.

Sebuah rumor pun beredar tentang rencana, penyambutan besar besaran atas kedatangan Habib Rizieq nantinya.
Seorang pengamat politik, Boni Hargens, menyikapi fenomena ini dengan pandangan positif di balik rencana tersebut, menurutnya kedua belah pihak perlu membangun islah, demi menciptakan iklim politik yang kondisif di tanah air.

Menurut Boni, yang pertama kali, dari pihak Habib Rizieq, harus menaati proses hukum di Indonesia, setelah hal itu dipenuhi, barulah perdamaian yang diinginkan kedua belah pihak bisa dibahas.

1519111312-picsay

Seperti diketahui, sosok Habib Rizieq, beberapa waktu terakhir seolah menjelma sebuah kekuatan oposisi tanpa parlemen, yang tak jarang mengganggu, kestabilan politik Indonesia.

Menurut Boni, jangan sampai demi membangun Islah, pemerintah terkesan digiring oleh pihak Habib Rizieq, justru seharusnya pemerintah yang punya kendali membina mereka, yang terpenting ialah membangun persatuan Indonesia, serta membina toleransi demi mengantisipasi perpecahan sesama anak bangsa.

Menjelang tahun politik 2019, suasana panas mulai terasa, diharapkan pemerintah jangan sampai lengah menyikapi situsasi ini, kubu fundamental, bisa berpotensi membahanyakan stabilitas politik, ketika mereka dijadikan semacam amunisi politik demi kepentingan kelompok tertentu.

1519110836-picsay

Kelompok partai yang pragmatis melihat mereka sebagai modal besar. Makanya pemerintah harus memanajemen hubungan dengan mereka. Hal ini harus didampingi oleh NU dan Muhammadiyah sebagai ormas yang mampu menjaga kebhinekaan,” demikian ungkap Boni

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Pengamat: Jokowi Harus Berdamai dengan Habib Rizieq, Demi Keamanan Negara

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in