Ternyata ‘Nyi Roro Kidul’ Disebutkan dalam Al-quran dan Hadis, Begini Faktanya!


b55c34d2365eca6fe0919cf75591c904-620x480

Sosok Nyi Roro Kidul tentu saja sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Sosok misterius ini dipercaya adalah penguasa pantai selatan Jawa. Kabarnya, ada yang pernah menyaksikan Nyi Roro Kidul ini. Menurut suatu versi cerita, Nyi Roro Kidul ini adalah putri raja bernama Kadita yang mempunyai paras cantik jelita. Namun, karena ada yang dengki kepadanya, konon dirinya diguna-guna oleh dukun. Sehingga wajah cantiknya penuh dengan penyakit kudis. Karena itulah, dia meninggalkan rumah untuk terjun ke Laut Selatan. Namun keajaiban terjadi ketika dirinya menyentuh air laut. Dirinya sembuh dan akhirnya menjadi sosok Nyi Roro Kidul.

aa840821f86bda5866598422dd393924-620x480

Menurut pandangan Islam, Nyi Roro Kidul ini merupakan salah satu sosok perwujudan jin atau raja Jin yang menguasai lautan. Dalam suatu hadis diriwayatkan Ibnu Sayyad pernah ditanya, “apa yang kamu lihat? Saya melihat singgasana diatas lautan yang dikelilingi beberapa ular”. Jawab Ibnu Sayyad. Rasulullah SAW pun bersabda, “Dia telah melihat singgasana iblis!” (HR. Ahmad).

Dari hadis tersebut kita tahu bahwa singgasan Jin (iblis) dilautan itu ada. Salah satunya adalah singgasana Nyi Roro Kidul Ini.Sementara Ibnu Katsir dalam kitabnya “Bidayah Wa nihaya” menerangkan, bahwa iblis memiliki banyak tentara dan memilih lautan sebagai istana. Seperti diketahui lautan merupakan merupakan temoat luas di bumi ini, mencapai 3/4 bagiannya. Tujuannya adalah supaya iblis leluasa memerintah tentaranya yang jumlahnya banyak sekali.

e0c75b304bed9ad8a90fd16dfb768b01-620x480

Dalam perspektif Islam pula, juga sudah sangat jelas bahwasanya sosok Jin yang menguasai lautan sudah sangat jelas diterangkan dalam Al-quran. Tepatnya pada Surat Al-Hijr ayat 26-27. Yang artinya: “26. dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. 27. dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (al-Hijr: 26-27).

Dari ayat tersebut, kita dapat simpulkan bahwa selain menciptakan manusia, Allah SWT telah lebih dulu menciptakan Jin. Allah SWT juga membiarkan mereka hidup di dunia meski dengan dimensi yang berbeda dengan manusia.

Jin yang dimaksud dalam Al-quran tadi, masih menyeluruh. Namun dalam hadis yang telah lebih dulu dijelaskan, Jin lebih suka menempati laut sebagai singgasananya. Jadi sosok Nyi Roro Kidul bisa saja dikaitkan sebagai Ratu Jin yang mempunyai singgasananya di laut selatan. Ada yang mengabarkan kalau Nyi Roro Kidul ini juga mempunyai bala tentara yang sangat banyak.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Ternyata ‘Nyi Roro Kidul’ Disebutkan dalam Al-quran dan Hadis, Begini Faktanya!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in