500 Desa Telah Dijangkau Pemberdayaan Program Desa Peduli Gambut


Restorasi gambut yang dijalankan Badan Restorasi Gambut (BRG) menggunakan pendekatan 3 R: rewetting (pembasahan kembali), revegetasi, dan revitalisasi sumber mata pencaharian masyarakat.

Dalam kaitan dengan pelaksanaannya di tingkat tapak bersama masyarakat, BRG menyelenggarakan Program Desa Peduli Gambut (DPG).

“Pendekatan yang digunakan dalam Program DPG ini adalah pembangunan desa berbasis lanskap ekosistem gambut. DPG dijalankan pada desa/kelurahan di dalam Kesatuan Hidrologis Gambut yang menjadi prioritas lokasi restorasi gambut” ucap Kepala BRG, Nazir Foead dalam sambutan pembukaan acara sosialisasi Program DPG.

BRG menargetkan 1.000 desa dan kelurahan yang berada di dalam sekitar areal restorasi gambut dapat didampingi di bawah naungan program DPG. Sejauh ini telah diidentifikasi ada 1.205 desa dan kelurahan di areal seluasa 2,49 juta hektar yang menjadi target restorasi gambut.

Program Desa Peduli Gambut meliputi kegiatan fasilitasi pembentukan kawasan perdesaan, perencanaan tata ruang desa, resolusi konflik, pengakuan dan legalisasi hak dan akses.

Pada tahun 2017, program ini dilakukan di luar area konsesi, Pada tahun tersebut difasilitasi pendampingan pada 75 desa dan kelurahan di 7 provinsi. Total luas wilayah desa dan kelurahan itu 1.180.441 hektar dan areal lahan gambut yang dikelola masyarakat sekitar 878.326 hektar. Dari luas itu, 267.111 hektar menjadi target restorasi gambut.

Terdapat beberapa pencapaian penting dari kegiatan yang dilakukan pada tahun 2017: (i) dihasilkannya peraturan desa terkait dengan perlindungan dan pengelolaan gambut; (ii) difasilitasi pembentukan/pengembangan 62 BUMDes dan 1 koperasi sebagai wadah pengembangan ekonomi berbasis pertanian/perikanan/ekowisata gambut; (iii) dimasukkannya aspek perlindungan dan pengelolaan gambut.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

500 Desa Telah Dijangkau Pemberdayaan Program Desa Peduli Gambut

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in