Sekilas Tentang Proses Transaksi Bitcoin


mashable com (4)
Sumber : mashable

Beberapa kurun waktu ini, banyak yang membahas tentang Bitcoin. Usut punya usut Bitcoin ini berbentuk mata uang elektronik atau digital, yang data di tukar ke berbagai bentuk mata uang salah satunya rupiah, dan memiliki nilai transaksi yang sangat tinggi sekali. Maka dari itu kita bia membahasa sekilas tentang Bitcoin, mengapa bisa menjadi trend dan di gemari oleh kebanyakan orang-orang.

Di lansir dari buku Mengenal Bitcoin & Cryptocurrency karya Dimas A. Wijaya, Bitcoin itu sendiri diciptakan oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto. Walaupun sampai saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui identitas Satoshi Nakamoto sebenarnya. Bitcoin yang di ciptakan oleh Satoshi Nakamoto di gunakan untuk mengetahui pihak yang ingin mengontrol sistem keuangan.

Dalam proses Bitcoin ini menggunakan sistem blockchain, jika di artikan merupakan rantai yang berbentuk blok blok. Saat ingin memulai transaksi Bitcoin, kita membutuhkan aplikasi yang bernama Bitcoin Miner. Sebelum data transaksi tersebut di masukkan ke dalam susunan blok yang kita sebut blockchain tadi, harus di awali oleh proses validasi terlebih dahulu. Proses transaksi ini, disebut dengan mining atau menambang oleh ASIC (Application Spesific Integrated Circuit). ASIC itu sendiri berperan sebagai miner atau penambang, salah satu pihak yang terlibat dalam proses mining tersebut.

Tak hanya itu, pendapat lainnya yang di lansir dari Youtube Bitcoin Indonesia yang berjudul Apa Itu Bitcoin, menyatakan bahwa Bitcoin merupakan mata uang yang tidak di atur oleh pihak atau negara manapun. Bitcoin merupakan uang digital yang dapat di kirim melalui internet. Bitcoin memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan mata uang konvensional. Keuntungan tersebut yaitu dapat di kirim kemana saja melalui internet tanpa melalui perantara seperti bank/kliring, dapat digunakan di mana saja, tak dapat di bekukan, tanpa syarat, dan tanpa batasan jumlah.

Bitcoin dapat di simpan pada dompet digital menyerupai internet banking. Ketika kita mengirim Bitcoin, kita akan di berikan tanda tangan elektronik. Dalam beberapa menit akan di komfirmasi oleh miner, transaksi Bitcoin ini bersifat permanen dan anonim. Selain itu, aplikasi yang di gunakan pun, bersifat “open source” sehingga siapapun berhak melakukan pengawasan. Contoh penggunaan Bitcoin seperti permainan game, berbentuk hadiah, buku, domain, hosting, dan lainnya. Bitcoin ternyata dapat di tukar dengan “exchanger” ke berbagai bentuk mata uang, salah satunya rupiah atau dollar. Bitcoin juga dapat di gunakan oleh para usaha kecil atau freelancer sekalipun.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Sekilas Tentang Proses Transaksi Bitcoin

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in