Demi Untung Berlipat, Pedagang Motor Bekas Kadang Lakukan Kecurangan Ini!


Sepeda motor telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Kendaraan ini menjadi alat transportasi yang ekonomis dan bisa diandalkan untuk berbagai keperluan.

Namun, tidak semua masyarakat memiliki kemampuan untuk membeli motor baru karena keuangan yang terbatas. Jika kondisi ini yang dihadapi, maka membeli motor bekas bisa menjadi pilihan.

Curang Motor Bekas

Berbeda dengan membeli motor baru yang bisa terjamin kualitasnya, membeli motor bekas perlu kejelian dan ketelitian. Pasalnya, kini banyak oknum pedagang motor bekas yang melakukan praktik curang untuk mengeruk keuntungan.

Seorang kepala bengkel resmi merek sepeda motor terkemuka mengatakan, ada beberapa modus kecurangan yang dilakukan pedagang motor bekas. Modus ini dia ketahui dari banyaknya keluhan pembeli motor bekas yang datang ke bengkelnya untuk memperbaiki motor bekas yang dibelinya.

Modus pertama, memberi oli mesin yang kekentalannya tinggi. Ini bertujuan agar suara mesin yang kasar yang menandakan kualitas mesin sudah merosot akibat pemakaian yang jauh, tidak terdengar. Dengan oli yang kental, suara mesin terdengar lebih halus.

Modus yang berikutnya adalah menukar onderdil atau suku cadang asli dengan yang KW atau tiruan, bahkan yang sudah rusak yang telah direkondisikan. Suku cadang asli dicopot untuk dijual terpisah. Suku cadang asli yang sering dicopot misalnya reflektor lampu depan, sepatbor, bahkan pelek.

Suku cadang asli yang paling sering ditukar dengan yang KW adalah shockbreaker. Shockbreaker rentan diganti karena harganya yang mahal dan yang KW cukup banyak tersedia.

Banyak calon pembeli motor bekas melihat indikator speedometer untuk mengetahui jarak yang telah ditempuh motor. Pedagang motor bekas mengakali ini dengan mengubah indikator penunjuk jarak agar terlihat belum jauh jarak yang ditempuh. Ini hanya bisa dilakukan pada speedometer non-digital. Untuk speedometer digital, tidak bisa diakali.

Melihat fakta ini, Anda yang ingin membeli motor bekas sebaiknya mempelajari dulu suara mesin yang asli dan bagaimana perbedaannya dengan yang telah dimanipulasi. Juga mengenali perbedaan suku cadang asli dan yang palsu.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Demi Untung Berlipat, Pedagang Motor Bekas Kadang Lakukan Kecurangan Ini!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in