16 Makanan Enak Khas Jepara Wajib Kamu Coba Segera


Jepara tidak hanya dikenal sebagai kota ukir dan mempunyai obyek wisata ala pesisir yang beragam. Jepara juga memiliki keunikan tersendiri dengan adanya makanan khas yang patut kamu coba terutama bagi kaum traveler atau pecinta kuliner local pasti deh bakalan ketagihan. Penasaran ya makanan apa saja sih makanan yang enak di Jepara, Yuk kita simak ragamnya di bawah ini :

Horog-horog

Horok-Horok-Jepara

Horog-horog merupakan makanan ringan familiar yang biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi oleh masyarakat Jepara. Horog-horog terbuat dari olahan pohon Aren sehingga makanan ini memiliki tekstur yang kasar jika dilihat secara langsung tapi akan terasa halus jika dimakan lho. Horog-horog termasuk makanan enak yang tidak menguras kantong karena kamu bisa mendapatkanya dengan merogoh kocek Rp. 1000-Rp. 2000 saja yang tentunya murah. Makanan ini sangat pas dan enak jika dimakan bersama sayur pecel, bakso, sate, soto maupun gulai sehingga tidak perlu heran kalau makanan ini sering ditemukan hampir di setiap warung makan yang menyediakan menu diatas, jadi jangan sampai melewatkan makanan ini jika berkunjung ke Jepara karena makanan ini termasuk sulit ditemukan di daerah lain.

Singit

Singit2-300x200

Singit merupakan makanan yang memiliki enak karena mempunyai citarasa manis dan gurih. Makanan ini biasanya dapat kamu temukan saat hari raya idul fitri atau perayaan lainnya yang diadakan di Jepara. Makanan ini terbuat dari daging sapi sengke, santan kelapa, kecap manis dan bumbu lainnya dengan dimasak diatas api yang panasnya sedang. Singit termasuk makanan yang enak terutama kuah santannya yang kental cocok disajikan bersama nasi dan sambal.

Adon-adon Coro

news_1116_570x320_kab-jepara-adon-adon-coro

Adon-adon coro di kalangan masyarakat jepara juga dikenal sebagai jamu adon-adon yang memiliki rasa pedas seperti wedang jahe sehingga cocok untuk menghangatkan badan. Adon-adon coro ini berupa jamu yang dibuat dari pandan, merica bubuk,cengkeh, lengkuas, kayu manis, yang disiram dengan santan, jahe gula merah dan air. Adon-adon coro ini bisa kamu beli sekitar shopping centre Jepara sebelah utara alun-alun kota Jepara tentunya.

Bakso Ikan Ekor Kuning

photo

Pergi ke Jepara jangan lupa berkunjung ke Karimunjawa karena tempat ini sangatlah istimewa untuk melengkapi masa liburanmu. Karimunjawa ini juga memiliki makanan khas berupa bakso yang berbahan dasar ikan ekor kuning asli dari perairan setempat sehingga dikenal sebagai bakso ikan ekor kuning. Sekilas bakso ikan ekor kuning ini terlihat seperti bakso pada umumnya yang membedakan adalah soal rasa. Rasa bakso ini  terasa kenyal, gurih tanpa ada rasa amis kemudian disajikan dengan campuran mie kuning, bihun sayuran dan kuah yang lezat sehingga kamu patut mencobanya apalagi harganya juga termasuk murah.

Opor Panggang

Opor_Panggang

Opor ini pastinya berbeda dengan opor biasa lho, disebut opor panggang karena dalam proses pembuatannya dilakukan pemanggangan dahulu sebelum dimasak menjadi opor.  Bahan yang digunakan daging ayam kampong, daun jeruk, daun salam,bawang merah goring, santan dan daun serai yang sudah di geprek sehingga cocok untuk kamu coba.

Kuluban

ku

Kamu yang gemar makan sayur atau vegetarian pasti cocok sekali dengan makanan kuluban ini. Kuluban juga dikenal sebagai urap yang bisa dibilang sebagai saladnya orang Jepara. Kuluban  berisi berbagai sayuran seperti tauge petai, kacang panjang, nangka muda, daun kacang panjang dengan bumbu kelapa sehingga berbeda dengan urap yang biasanya terdapat nangka muda dan tauge mentah.

Bontosan

bontos

Bontosan merupakan makanan yang nikmat disajikan bersama sambal. Makanan ini terbuat dari bahan baku utama kerupuk ikan kerapu yang dihaluskan dan  dicampuri tepung beras kemudian sebelum dikukus dibentuk panjang seperti lontong dibungkus dengan daun pisang.

Blenyik

Makanan-Khas-Daerah-Jepara-Blenyik-atau-Tempong

Blenyik atau bagi masyarakat Jepara lebih dikenal dengan nama tempong. Blenyik ini merupakan makanan yang bahan utamanya terbuat dari teri mentah yang digarami kemudian  dibentuk kepalan kecil-kecil serta tak lupa dikeringkan agar tahan lama. Apabila ingin dikonsumsi blenyik cukup digoreng atau dikukus, terasa nikmat jika kamu makan dengan nasi hangat dan sambal.

Pindang Serani

Serani - 4

Pindang serani adalah makanan yang  memiliki citarasa manis,pedas dan asam sehingga banyak pecinta kuliner yang mengakui rasanya benar-benar enak. Makanan ini biasanya disajikan di siang hari sehingga cocok dikonsumsi saat kamu bener-bener butuh asupan energy yang banyak. Ada keunikan dari makanan ini meskipun namanya pindang serani tapi makanan ini tidak menggunakan ikan pindang lho melainkan ikan bandeng, nila, mujair,patin yang direbus.

Lontong Krubyuk

lontong krubyuk

Lontong krubyuk merupakan nama yang unik karena istilah Krubyuk ini memiliki arti melewati genangan air. Lontong krubyuk Jepara ini disajikan dengan banyak kuah sehingga cocok buat kamu yang memang suka dengan kuah. Lontong krubyuk ini memiliki perbedaan dengan lontong-lontong pada umumnya karena terdapat kuah bakso, serta suwiran daging ayam semur yang enak.

Sambal Samtis<

Sambal-Samtis-1-300x300

Setiap daerah di Indonesia tidak lengkap rasanya jika saat makan tapi tidak ada sambal sehingga banyak yang berlomba-lomba menghasilkan berbagai macam jenis sambal khas. Kabupaten Jeparapun demikian sehingga  ada sambal khas yang tentunya enak yang dikenal dengan nama sambal mantis. Sambal samtis bukan sembarang sambal karena terbuat dari cumi-cumi, udang, garam, cabai, gula merah, bawang putih.

Rondho Royal

sjnj5

Rondho Royal merupakan makanan tradisional khas Jepara  yang terbuat dari tepung beras dengan diisi tape dan dimasak dengan cara digoreng. Rondo royal ini memiliki perpaduan rasa manis, asam dan asin sehingga cocok buat kamu coba saat masih hangat. Masyarakat Jepara juga mengenal rondho royal sebagai monyos dan tentunya makanan ini bisa kamu temukan disetiap pasar tradisional di Jepara.

Bakso Bambu Runcing

download (1)

Mendengar nama bakso pasti yang terlintas hanya olahan daging sapi biasa yang dibentuk bulat. Jepara juga mempunyai variasi bakso yang unik yang dikenal dengan nama bakso bambu runcing. Bakso ini dibuat dengan bentuk batang bambu yang didalamnya ada bakso bulat kecil, daging cincang dan irisan wortel. Selain itu ada tambahan buah anggur dan cara mentimun sebagai pengganti cuka. Bakso ini bisa kamu beli di Kedai jegluk di kawasan Pasar Ngabul, Jepara.

Bongko Mento

Resep-Bongko-Mento-Khas-Jepara-yang-Nikmat

Bongko mento adalah makanan yang sering dijadikan snack saat ada arisan atau acara kecil lainnya. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah tepung terigu, jamur kuping, bihun, santan,telur, dada ayam fillet dan bumbu-bumbu lainnya kemudian bahan ini diolah, dibungkus daun pisang dan dikukus selama 30 menit sehingga mengahasilkan tekstur yang lembut sehingga mudah kamu makan.

Moto Belong

Moto-Belong

Dinamai moto belong karena bentuk makanan ini seakan memperlihatkan mata yang melotot. Moto belong merupakan makanan khas asli dari Jepara yang bisa kamu temukan disetiap pasar tradisional. Pembuatannya terdiri dari singkong, gula pasir, garam, vanili, pisang tanduk, kelapa muda dan pewarna makanan kemudian dibungkus.

Kacang Kulit Jepara

1200px-Kacang_Jepara_(Oleh-Oleh_Khas_Jepara)

Kacang Kulit Jepara termasuk kacang yang bisa dinikmati sambil minum teh atau kopi. Kacang kulit Jepara dalam pembuatannya cukup unik karena dipanggang dengan bantuan pasir setelah itu direbus beberapa saat dan dibumbui ketumbar, bawang jinten kemudian digoreng dengan pasir sehingga berwarna kehitaman.  Kacang jepara ini bisa ditemukan di desa Kalipucang wetan dengan varian rasa manis dan asin lho.

Itulah makanan khas dari Jepara yang bisa kamu coba. Kalau berkunjung jangan hanya makan sendiri ya ? karena kamu sebaiknya membawanya juga sebagai oleh-oleh khas yang bisa dikonsumsi bersama keluarga atau teman-temanmu.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

16 Makanan Enak Khas Jepara Wajib Kamu Coba Segera

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in