Selain Prabowo, 3 Nama Ini Diprediksi Akan Jadi Penantang Terkuat Jokowi di Pilpres 2019


1518624495-picsay

Salah seorang peneliti di Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfarabi, mengungkapkan pada pilpres 2019 nanti, selain Prabowo, akan ada tiga nama lain yang akan menjegal langkah Jokowi, ketiganya ialah gubernur DKI Anies Baswedan, sosok putra mantan presiden SBY, Agus Harimurti Yudhoyono, dan mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Survei LSI Denny JA ini sendiri, berlangsung pada 7-14 Januari 2018, dengan 1.200 responden, dengan menggunakan metode wawancara tatap muka serentak di 34 provinsi di Indonesia.

Sejauh ini memang, Prabowo adalah kandidat capres terkuat diantara ketiga nama diatas yang menjadi penantang Jokowi, hal ini lantaran popularitas Prabowo menurut hasil survey mencapai lebih dari 90 persen.

1518624988513

Kemudian ada sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menempati posisi kedua, dengan perolehan angka popularitas sebesar 76,7 persen. Berikutnya ada putra sulung SBY, dengan angka popularitas sebesar 71,2 persen, terakhir ditempati mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang memperoleh angka 56,5 persen.

Berdasrkan survei LSI ini, diprediksi akan terjadi persaingan ketat antara Jokowi dan Prabowo, sepertinya mengulang drama pilpres 2014 lalu, ditambah lagi tingkat elektabilitas Prabowo cukup tinggi dari pada rival Jokowi lainnya.

Salah satu penyebab tingginya popularitas Prabowo, ialah intensnya aksinya bersama partainya Gerindra, bermanuver di parlemen dan juga bersinergi membangun koalisi dibanyak pikkada.

Seandainya pun, Prabowo tak bisa ikut dalam bursa pilpres 2019 nanti, diprediksi Jokowi akan berhadapan dengan tiga kandidat lainnya yang cukup populer, yaitu Anies, AHY, dan Gatot.

Namun, selain itu beredar rumor tentang sebuah nama yang cukup populer yang mungkin akan meramaikan bursa pilpres 2019 nanti, yaitu mantan Ketua Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi RI, periode 2011-2015, Abraham Samad, yang juga disebut sebut sebagai calon potensial untuk maju nantinya.

Sebelumnya nama Abraham Samad sempat disandingakan dengan Jokowi pada pilpres 2014, akan tetapi disaat saat terakhir tereliminasi dan muncul nama JK menggantikannya.

1518624570-picsay

Pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden sendiri, memang baru akan dibuka sekitar enam bulan lagi, yaitu pada 4-10 Agustus 2018 mendatang, akan tetapi suasana panasnya mulai terasa sejak jauh hari.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Selain Prabowo, 3 Nama Ini Diprediksi Akan Jadi Penantang Terkuat Jokowi di Pilpres 2019

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in