Susah Buang Air Besar? Sembuhkan dengan Bahan-bahan Alami Ini


turmeric-root-and-powder

Sembelit atau susah buang air besar merupakan kondisi yang dapat terjadi pada siapa saja. Setiap orang memang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda-beda. Ada yang tiap hari, ada pula yang dua hari sekali. Dapat dikatakan sembelit apabila  Anda mengalami keadaan dimana buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Penyebab sembelit bermacam-macam. Seperti karena kurang minum, kurang serat, hingga stress.

Selain dengan obat-obatan kimia, sembelit juga dapat disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini :

Kunyit

Kunyit seukuran ibu jari kupas, dicuci, lumatkan, kemudian rebus dengan segelas air. Tambahkan dengan air asam jawa. Setelah mendidih, diamkan selama lima menit kemudian saring. Minum sekaligus. Sehari sekali.

Jeruk Nipis

Satu buah jeruk nipis diperas. Haluskan tiga siung bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci, beri satu sendok minyak kayu putih, dan asam kawak sebesar telur puyuh, serta sedikit air matang. Campur dengan air jeruk nipis tadi. Oleskan ke seluruh tubuh terutama di sekitar perut.

Temulawak

Satu rimpang temulawak dicuci, diparut kemudian peras. Air perasan diberi sedikit asam jawa dan gula aren. Diaduk, saring, kemudian minum setiap satu kali sehari.

Tomat

Dengan sesekali minum jus tomat setelah makan, dipercaya dapat mengatasi sembelit.

Wortel

Dua buah wortel yang telah dikupas cuci bersih kemudian parut. Beri dua sendok makan air matang dan sedikit garam. Peras, minum airnya dua kali sehari.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Susah Buang Air Besar? Sembuhkan dengan Bahan-bahan Alami Ini

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in