Jangan Traveling Sendirian, Sebelum Baca 7 Tips Solo Traveling Berikut Ini


1518582682-picsay

Jalan jalan atau aktivitas traveling adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan, selain bisa menyegarkan kembali pikiran setelah didera stress, akibat aktivitas sehari hari atau mungkin jenuh dengan rutinitas pekerjaan, maka traveling adalah obat paling manjur mengembalikan semangat dan gairah menjalani aktivitas selanjutnya.

Namun beberapa kendala kerap dialami oleh banyak traveler ketika hendak jalan jalan atau liburan, sebagian besar harus membatalkan rencana liburan yang disusun bersama teman teman, hanya karena temannya tak bisa ikut, padahal kamu bisa traveling sendirian, tanpa bergantung teman arau partner lainnya, yang kamu perlukan hanya beberapa pengetahuan dan mengasah kemampuan.

1518583262-picsay

Apalagi yang namanya solo traveling memang sebuah aktivitas yang menyenangkan. Kamu tidak perlu pusing harus ikut siapapun, kebebasan mengambil keputusan serta menentukan arah tujuan, sepenuhnya ada ditanganmu.

Walaupun demikian, solo traveling tidak selalu identik dengan kebosanan apalagi kesepian, sebab diperjalanan kamu akan banyak bertemu teman-teman baru yang bisa kamu ajak berbagi.

Namun, solo traveling kerap merupakan sebuah momok menakutkan bagi mereka yang belum sempat mencobanya, bagaimana tidak! Sendirian berada ditempat asing, dikelilingi orang orang asing, dinegeri antah berantah, tentu bagi mereka itu bukan sebuah ide yang bagus menikmati liburan.

1518537616-picsay

Hal ini memang manusiawi, akan tetapi jangan pula, ketakutan itu menghalangimu dari merasakan kisah petualangan yang kamu impikan.

Supaya aktivitas solo traveling, berjalan lancar, aman dan nyaman, berikut tips yang tidak boleh kamu lewatkan jika ingin bertraveling secara solo:

1. Riset

1518538081-picsay

Sebelum semuanya dimulai, maka terlebih dahulu untuk melakukan riset, baik itu harga tiket, akomodasi, jadwal transportasi umum, bahkan detil tempat yang akan kamu datangi.

Riset ini meliputi, harga tiket sampai ke destinasi, hotel tempat menginap, tarif dan rute transportasi umum, sampai harga tiket masuk suatu objek wisata.

Kabar baiknya semua hak itu bisa kamu selesaikan dengan berselancar di internet, sudah banyak situs situs perjalanan, bahkan sangat banyak blog blog traveling yang menyajikan informasi secara akurat dan konprehensif.

Selainbitu juga banyak terdapat forum forum atau komunitas dengan minat traveling, kamu bisa bergabung disama untuk mengulik informasi lebih jauh tentang suatu destinasi.

2. Anggaran Perjalanan

1518539672-picsay

Buat rencana perjalanan sedetail mungkin, termasuk merencanakan anggaran biaya perjalananmu, sesuai dengan lama waktu perjalanan, kamu bisa memperkirakan biaya yang perlu dipersiapkan.

Pastikan rencananya benar benar mendetil, mulai dari bangun pagi sampai tidur kembali, juga perkirakan moda transportasi yang akam kamu gunakan, untuk mobilisasi dari satu titik ketitik lainnya, juga anggaran yang harus kamu sipakan untuk biaya konsumsi.

Meski memang tak bisa diupungkiri, situasi dilapangan bisa saja jauh melenceng dari rencana, seperti hal tak terduga, semisal diajak penduduk lokal ke rumahnya? Atau ditraktir makan, akan tetapi jika kamu sudah punya rencana, maka hal hal tak terduga yang tak diinginkan bisa diminimalisir resikonya.

3. Teknik Packing

1518537475-picsay

skill packing merupakan skill dasar seorang traveler, bagaimana menyiasati beban bawaan seringan mungkin. Sebab, jangan harap akan ada orang yang akan membantu membawa bebanmu.

Tehnik ini akan terasa manfaatnya terutama ketika berpindah pindah dari dan menuju hotel, atau bermanuver dari satu tempat ke tempat lain.

Menyiasati beban bawaan seringan mungkin, menjadi tantangan tersendiri, seringkali kita tergoda untuk membawa beberapa item barang yang sebenarnya tak terlau penting dibawa, seperti membawa terlalu banyak pakaian untuk perjalanan yang kurang dari seminggu, padahal solusinya kanu bisa mencucinya diperjalanan, selain itu membawa sedikit barang membuatmu aman dari target pencurian dan penipuan.

4. Akomodasi

1518538415-picsay

Sebaiknya kamu menginap di tempat semacam hostel, dimana terdapat fasilitas dorm, baik homogen maupun campur, dilengkapi dengan tempat berkumpul, semisal dapur umum, atau ruang bersantai, tempat berkumpulnya para traveler lainnya, sebab jika kamu menginap dihotel privat, kamu akan kesulitan menemukan teman sesama solo traveler.

Disini kamu bisa menemukan teman baru sesama traveler yang bisa diajak berbagi cerita, bahkan kamu bisa memutuskan mengunjungi suatu destinasi bersama sama.

Atau alternatif lainnya kamu bisa mencoba fasilitas Couchsurfing, sebuah situs komunitas traveling yang menyediakan tempat tidur gratis sesama membernya.

5. Catat Kontak Darurat

1518566382-picsay

Hal ini meliputi nomor telepon penting, keluarga, kontak darurat, sampai nomor telepon tempat menginap, polisi bahkan rumah sakit.

Jangan lupa mencatatnya di kertas, khawatir ponselmu habis baterai, kamu masih bisa meminta bantuan orang lain untuk menghubungi nomor tersebut, atau dalam situasi terburuk terjadi kecelakaan, orang bisa menghubungi keluargamu.

Tentunya kita tidak mengharapkan itu terjadi, namun lebih bijak, jika kita mempersiapkan segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

6. Pisahkan Dokumen Penting

1518539529-picsay

Sebaiknya kamu tidak mencampur aduk barang barang yang kamu bawa, ada beberapa barang yang penting yang harus bisa kamu temukan dengan segera, seperti halnya uang tunai dan kartu kredit atau paspor dan identitas lainnya, jangan sampai tercecer atau lupa dimana kamu menyimpannya.

Sebaiknya juga sediakan salinan dari dokumen-dokumen pentingmu, lalu unggah softcopy tersebut ke penyimpanan cloud, agar bisa di akses dari mana saja. Simpan uang tunai dan kartu kredit di tempat yang berbeda, misalnya ditas kecil, atau di saku, hal ini demi menyiasati kemungkinan dompetmu hilang atau kecopetan, maka kamu masih punya dana cadangan.

7. Percayalah Pada Nalurimu

1518537668-picsay

Diperjalanan kamu akan bertemu banyak orang asing, ada yang sebaik malaikat, adajuga sebaliknya. Jadi pastikan hanya dirimulah satu-satunya orang yang bisa kamu andalkan, tetap hati-hati dan Ikuti saja nalurimu.

Beberapa orang mungkin ingin membantu, akan tetapi jangan sekali kali mudah percaya begitu saja kepada orang asing, satu-satunya yang harus kamu percayai adalah dirimu sendiri, ketika nalurimu berkata ada sesuatu yang berjalan tidak dengan semestinya, segera menghindar dan tinggalkan.

Solo Traveling mengajarkan kamu banyak hal, terutama tentang kemandirian, kamu tak bisa mengandalkan orang lain lagi, kamu dilatih untuk mengambil keputusan sendiri dalam situasi darurat, inilah momen saat kamu belajar mendengarkan naluri.

1518537384-picsay

Selamat ber solo traveling, reguklah hikmah diperjalanan, dengan menjelajahi sebanyak banyak destinasi, sebuah pepatah mengatakan “Hidup Adalah Perjalanan” yang berarti, sulit menemukan hakikat kehidupan, apabila kita tidak pernah menempuh sebuah perjalanan.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Jangan Traveling Sendirian, Sebelum Baca 7 Tips Solo Traveling Berikut Ini

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in