Hindarilah! Hal Sepele Ini Bisa Membuat Shalat Jumat Jadi Sia-sia


Shalat Jumat adalah wajib bagi laki-laki. Karena itu, pada hari Jumat, tidak ada shalat Zuhur bagi laki-laki karena sudah diganti dengan shalat Jumat.

Shalat Jumat Sia

Mengenai kewajiban shalat Jumat, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, apabila diserukan untuk melaksanakan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkan jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS Al-Jumu’ah: 9)

Karena wajib, maka ancaman bagi laki-laki yang meninggalkan shalat Jumat pun cukup keras. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW, “Barang siapa yang meninggalkan shalat Jumat tiga kali tanpa ada alasan yang sah, niscaya ia termasuk dalam golongan orang-orang munafik.” (HR Thabrani)

Namun, masih banyak yang belum tahu ada satu perbuatan yang bisa menyebabkan shalat Jumat menjadi sia-sia. Perbuatan ini tampak sepele dan sering dilakukan tanpa disadari.

Perbuatan yang dimaksud adalah berbicara ketika khatib sedang berkhutbah. Apa pun yang dibicarakan ketika khatib sedang khutbah menjadikan shalat Jumat kita tak berarti apa-apa. Termasuk berkata-kata untuk melarang orang yang sedang berbicara.

Rasulullah bersabda, “Jika engkau berkata pada temanmu ketika shalat Jumat, ‘Diamlah, khatib sedang berkhutbah.’ Sesungguhnya engkau telah berkata sia-sia.” (HR Bukhari dan Muslim)

Kalu begitu, bagaimana cara memperingatkan orang lain yang berbicara saat khatib sedang berkhutbah? Peringatkanlah dengan menggunakan isyarat tanpa mengeluarkan kata-kata atau suara.

Demikian, semoga uraian singkat ini dapat menjadikan shalat Jumat kita diridhai Allah SWT.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Hindarilah! Hal Sepele Ini Bisa Membuat Shalat Jumat Jadi Sia-sia

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in