Biar Nggak Ketipu Baca Berita, Kenali Ciri-ciri Situs Bacaan Anda Hoax atau Tidak?


Situs hoax sekarang ini banyak sekali dan digunakan untuk memperkeruh suasana dan berusaha menghasilkan keuntungan, apalagi jika ada pesta demokrasi. Mari kita kenali ciri-ciri situs penyebar tipuan / hoax / hoak, sehingga kita tidak mudah terprovokasi. Berikut 6 karakteristik situs penyebar tipuan.

1. Menggunakan Domain Gratis dan Tidak Jelas

Pencarian Situs

Penyebar tipuan biasanya akan menggunakan domain gratis. Salah satu alasannya adalah mereka tidak memiliki modal dan jenisnya hit and run. Mereka mencoba untuk memperkeruh suasana hati dengan membuat sebanyak mungkin situs dengan konten tipuan tanpa mengeluarkan biaya.

2. Desain Website Apa Adanya

Desain Web Buruk

Karena tidak ada modal, tentu mereka tidak akan berusaha lebih keras untuk membuat desain web. Desain yang digunakan biasanya merupakan tema default. Upaya terjauh mereka adalah mengubah tema default dengan tema yang diberikan secara gratis. Kembali lagi, mereka mencoba membuat situs sebanyak mungkin. Harapan mereka, kabar tipuan yang mereka sampaikan bisa menyebar dengan cepat.

3. Judulnya Seperti Muslihat

Penipuan

Aktivis tipuan akan mencoba menggunakan judul bombastis dan penuh tipu muslihat yang digunakan sebagai clickbait. Mereka mencoba menarik pengunjung sebanyak mungkin. Mereka juga ingin memanfaatkan orang yang malas membaca. Tak jarang juga judulnya tidak sesuai dengan konten.

4. Bukti Tidak Jelas

Invalid

Penyebar situs tipuan biasanya juga menyertakan bukti sebagai penguat. Jika buktinya berupa foto, maka fotonya akan terlihat tidak jelas. Biasanya foto yang terpajang sudah diproses editing. Untuk membodohi pembaca, foto kualitasnya akan diturunkan untuk menyamarkan hasil proses editing.

5. Banyak Iklan

Iklan

Selain memperkeruh suasana, situs-situs penyebar tipuan juga akan berusaha meraih keuntungan maksimal dengan menempatkan sebanyak mungkin iklan. Mereka tidak ingin kehilangan kesempatan yang tidak bertahan selamanya. Jika saat membuka situs banyak wajah iklan tidak jelas apalagi popup, mereka adalah pencari lalu lintas internet dan view nakal.

6. Pengelola Situs Tidak Jelas

Anonim

Penyebar situs tipuan umumnya anonim. Di situs tersebut, tidak akan ditemukan siapa pengelola situsnya. Lebih parah lagi, jika situs tersebut melakukan fitnah dengan mengambil nama-nama karakter yang dikenal khalayak luas. Situs ini tidak mau mempertanggungjawabkan apa yang telah ditulisnya.

Mari kita jaga kondisi harmonis dengan lebih cermat dan pintar menyaring berita-informasi yang diperoleh. Jangan mudah percaya apalagi menyebarkan berita dari situs yang diindikasikan menyebarkan tipuan, supaya tidak terprovokasi dengan gampangan!

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Biar Nggak Ketipu Baca Berita, Kenali Ciri-ciri Situs Bacaan Anda Hoax atau Tidak?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in