Dualima Duapuluh! Band Blues Asal Yogyakarta yang Sedang Naik Daun!


Dualima Duapuluh atau angka 2520 (dua ribu lima ratus dua puluh) adalah band blues asal kota Sleman, D.I.Yogyakarta yang eksistensinya sejak tahun 2016. Nama Dualima Duapuluh sendiri diambil dari angka 2520 (namun berbeda penyebutannya) yang artinya adalah angka yang jika dibagi angka 1 (satu) sampai 10 (sepuluh) hasilnya bulat alias tidak sisa dan ber-koma, yang dimana filosofi nya adalah “Band yang dapat diterima semua kalangan dari muda sampai yang tua”.

Alfian Kurnia Ramadhan (Vokal+Gitar 1), Ferdyawan Listanto (Bass), Rizky Wijaya Putra Caesar (Gitar 2), Bayu Murti (Drum) adalah line-up awal terbentuk sampai sekarang. Terbentuknya band Dualima Duapuluh berawal dari pertemuan Ferdy, Bayu, Rizky di satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di kampus UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta) yang berkeinginan membuat suatu band. Karena Ferdy, Bayu, Rizky kurang dalam hal bernyanyi, maka pencarian untuk mengisi line-up vokal mereka usulkan.

Teringat si Ferdy yang mempunyai adik kelas saat SMA yang mahir dalam bernyanyi dan bermain gitar, maka Ferdy mengajaknya untuk bergabung dalam line-up awal di band Dualima Duapuluh. Awal karir Dualima Duapuluh sempat menghebohkan tempat nongkrong cafe di Yogyakarta karena keemasan suara dari Alfi. Dualima Duapuluh mengisi Reguler musik selama 1 tahun. Di pertengahan tahun, band ini mencoba untuk mengikuti festival band di UIN Sunan Kalijaga dan meraih juara 2.

Pada saat itu, juri tertarik dengan band ini lalu mengajaknya berkolaborasi untuk acara di Bandung. Setelah promosi demi promosi, band  ini semakin semangat untuk bermusik dan menciptakan sebuah karya. Lagu pertama Dualima Duapuluh di beri judul Blues With Power. Dari lagu tersebut, respon baik menghampiri band asal Yogyakarta ini. Mereka diundang di acara indie sampai stasiun televisi swasta di Yogyakarta. Nama band ini semakin naik ketika mereka giat menciptakan lagu terbarunya. Mereka saat ini sedang dalam penggarapan album pertamanya yang bertajuk “BLUES WITH POWER“. Sampai saat ini, Dualima Duapuluh terus bersemangat dalam berkarya. Dualima Duapuluh saat ini sudah mengantongi 5 lagu, yaitu:

-Blues With Power.

-Lepaskan.

-Bangga Bersama.

-Bersantai.

-Tetap Muda.

Dari lagu-lagu tersebut, mempunyai kisah tersendiri yang dialami penulis lirik (Ferdy “Bass”) hingga dia membuat lagu tersebut. Lagu yang bertema kan pertemanan, percintaan, hingga satir sarkas menambah karakteristik lirik lagu dalam band ini yang berbeda dengan mayoritas band blues pada umumnya. Band ini mempunyai kalimat tersendiri, yaitu “Create your soul, Create your love, Create your BLUES” yang maksudnya adalah ketika kita melakukan apapun harus dari diri sendiri.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Dualima Duapuluh! Band Blues Asal Yogyakarta yang Sedang Naik Daun!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in