Masih Berpikir Micin Membuat Jadi Bodoh? Baca Ini Dulu Biar Tidak Salah Kaprah!


Vetsin atau Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) sering kita lihat di dapur, kan? Umumnya, ibu rumah tangga bilang “Tidak untuk micin”. Menurut mereka, micin bisa menyebabkan kanker atau stroke. Ditambah lagi di zaman now yang katanya micin membuat orang jadi bodoh.

Faktanya, MSG atau Micin mengandung air 10%, natrium 12% dan glutamat 78%. Natrium atau garam, kadarnya lebih rendah dari garam dapur. Garam dapur mengandung hampir 40%. Sekedar info, kelebihan natrium memicu penyakit seperti hipertensi, stroke dan serangan jantung.

Monosodium Glutamat (MSG)

Ketua Ahli Nutrisi Pangan Indonesia, Profesor Hardinsyah, mengklaim bahwa micin bermanfaat bagi kesehatan. Profesor mengatakan, kandungan glutamat bermanfaat bagi tubuh. Tujuannya adalah untuk pembentuk sel kekebalan tubuh, pembentukan asam amino, pembentukan protein, produsen energi-glukosa dan aktivator neurotransmitter.

Di tahun 1992, WHO sempat mengatur konsumsi maksimal micin sebanyak 5 gram. Memang apa manfaatnya makan micin? Ini dia tiga manfaatnya.

1. Mengurangi Konsumsi Garam

Garam

Mengurangi penggunaan garam dan menggantinya dengan micin akan membuat masakan lebih baik. Menambahkan micin dalam masakan kita juga bisa menambah rasa gurih. Cobalah ambil satu sendok garam lalu kurangi setengah dan ganti dengan micin, rasanya jauh lebih nikmat.

2. Mempercepat Waktu Pencernaan Makanan

Pencernaan Sehat

Para ahli mengatakan bahwa menyantap lauk dengan micin lebih mudah dicerna daripada yang tidak pakai micin. Glutamat di dalam micin merangsang produksi air liur sehingga makanan berjalan lebih cepat ke perut dan usus.

3. Meningkatkan Nafsu Makan dan Kualitas Hidup Lansia

Lansia

Kenji Toyama dari Universitas Kanagawa mengamati, bahwa micin mampu meningkatkan asupan gizi yang membuat nafsu makan dapat dua acungan jempol. Selain itu, kualitas hidup lansia juga meningkat. Hal itu dilakukan Kenji dengan cara mempelajari 11 orang tua di sebuah rumah sakit selama dua bulan, mereka diberi bubur dengan tambahan micin 0,5%.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Comments are closed.

Masih Berpikir Micin Membuat Jadi Bodoh? Baca Ini Dulu Biar Tidak Salah Kaprah!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in