Tetap Bugar! Berikut Tips Olahraga Aman dan Nyaman Bagi Ibu Hamil


pregnancy

Berolahraga ketika hamil bukanlah hal yang mustahil. Olahraga selama kehamilan justru dapat mengurangi ketegangan, menciptakan suasana mood yang lebih baik, hingga membantu tidur lebih nyaman. Namun tentu olahraga bagi wanita hamil perlu disesuaikan dengan keadaan mereka agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya seperti memantau pernapasan, mencegah timbulnya dehidrasi dan menghindari gerakan-gerakan yang berpotensi menimbulkan cedera.

Berikut tips yang bisa dilakukan ketika berolahraga selama kehamilan :

1. Kenakan pelindung untuk jenis olahraga tertentu seperti bersepeda. Misalnya, gunakanlah helm.
2. Kenakan pakaian yang nyaman dan bra yang menyangga dengan baik.
3. Lakukan pemanasan untuk meningkatkan denyut jantung dan pernapasan secara bertahap.
4. Pastikan Anda tidak terengah-engah dengan masih bisa berbicara selama berolahraga.
5. Hindari keadaan yang membuat Anda merasa terlalu panas
6. Minumlah air sebelum, sesekali selama berolahraga dan setelah olahraga untuk mencegah dehidrasi.
7. Jangan lakukan gerakan melompat atau mendadak karena beresiko mencederai sendi dan otot Anda.
8. Perhatikan respon tubuh. Apabila Anda merasa lelah dan mulai tidak nyaman, hentikan kegiatan.
9. Akhiri dengan pendinginan untuk mengembalikan denyut jantung dan pernapasan agar kembali normal.
10. Makan camilan yang sehat untuk mengganti kalori yang terbuang selama berolahrga.

Ada baiknya konsultasikan kepada dokter Anda tentang jenis-jenis olahraga apa yang baik dan boleh untuk Anda lakukan.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Tetap Bugar! Berikut Tips Olahraga Aman dan Nyaman Bagi Ibu Hamil

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in