4 Jenis KDRT yang Sering Terjadi Namun Tidak Dipahami, Ada Kekerasan Finansial Lho


Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) telah lama menjadi fenomena sosial yang kerap terjadi di masyarakat kita.

Yang sering disalahpahami, KDRT dipandang hanya terjadi pada perempuan. Padahal, KDRT juga bisa terjadi pada laki-laki (baca: dilakukan oleh seorang istri pada suaminya).

KDRT

Kesalahpahaman lain, KDRT juga dianggap hanya berupa kekerasan fisik. Padahal, KDRT juga mencakup nonfisik.

Tindakan apa saja yang dikategorikan KDRT? Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga menjelaskan mengenai hal ini. UU ini memaparkan tentang 4 jenis KDRT, yaitu:

1. Kekerasan Fisik

Yaitu perbuatan kekerasan yang terlihat secara kasatmata, seperti pukulan, tendangan, dan tindakan lainnya yang melibatkan fisik. KDRT jenis ini menimbulkan penderitaan secara fisik. Kekerasan fisik ini sering pula disebut sebagai kekerasan terbuka.

2. Kekerasan Psikis

Yang termasuk KDRT jenis ini seperti eksploitasi, isolasi sosial, hinaan, ancaman, atau cemoohan yang menyebabkan korban tersakiti secara psikis, merasa tidak percaya diri, terteror, bahkan muncul keinginan untuk bunuh diri. Sering pula disebut sebagai kekerasan tertutup karena sifatnya yang tersembunyi.

3. Kekerasan Seksual

Kekerasan ini dilakukan untuk memenuhi hasrat seks, baik secara fisik maupun verbal. Kekerasan seksual secara fisik termasuk meraba, menyentuh organ seks, mencium, yang semuanya dilakukan secara paksa, tidak atas dasar suka sama suka. Termasuk juga memaksa berhubungan seks dengan pelaku atau orang ketiga.

Kekerasan seksual secara verbal mencakup memberikan komentar, gurauan, atau julukan porno untuk mengejek. Juga memperlihatkan ekspresi wajah atau gerakan tubuh yang bersifat melecehkan korban.

4. Kekerasan Finansial

Kekerasan ini terkait dengan persoalan keuangan, seperti memaksa korban bekerja, melarang korban bekerja namun menelantarkannya, atau mengambil harta pasangan tanpa izinnya. Termasuk manipulasi, eksploitasi, dan mengendalikan korban untuk tujuan finansial.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

4 Jenis KDRT yang Sering Terjadi Namun Tidak Dipahami, Ada Kekerasan Finansial Lho

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in