Ini Dia 5 Daerah di Indonesia yang Hadirkan Wisata Hewan Primata


sumber foto: oggiscienza.it
sumber foto: oggiscienza.it

Ternyata Indonesia tidak hanya terkenal dengan objek wisata alamnya saja yang indah. Rupanya ada pula beberapa daerah di tanah air kita ini yang menghadirkan wisata khusus salah satunya menyajikan ragam hewan primata agar menarik wisatawan.

Dilansir dari nationalgeographic.com, ada 5 daerah yang saat ini menjadi lahan konservasi menyiapkan juga konsep dimana para pengunjung baik domestik maupun mancanegara yang ingin datang bisa melihat langsung keragaman hewan primata.

1. Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting berlokasi di Kecamatan Kumai, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. Taman Nasional ini merupakan konservasi orangutan terbesar di dunia. Populasinya diperkirakan 30.000 sampai 40.000 orangutan. Disini pengunjung dapat melihat habitat alami orangutan secara langsung dan melihat kehidupan mereka di alam liar

2. Alas Kedaton, Tabanan, Bali

Alas Kedaton merupakan kawasan hutan lindung seluas 12 hekter. Terdapat pura yang “dijaga” monyet jinak di dalamnya. Alas Kedaton berada di Jalan Raya Alas Kedaton Kukuh, Tabanan, Bali. Kera yang terdapat di obyek wisata ini sudah terbiasa melihat manusia. Monyet-monyet ini yang akan menyambut Anda sejak di pintu gerbang. Walaupun jinak, Anda harus tetap waspada dengan tingkah laku jahilnya di alam liar.

3. Pusat Primata Schmutzer, Ragunan, Jakarta

Selain dapat melihat monyet, yang menarik di sini wisatawan bisa melihat berbagai macam hewan primata, seperti bekantan, owa jawa, siamang, lutung, sampai gorila. Dengan konsep open zoo atau kebun binatang terbuka, tempat ini dibuat semirip mungkin sehingga Anda serasa berada di habitatnya. Kebun seluas 140 hektar ini mengoleksi sekitar 295 spesies dan 4.040 spesimen, termasuk di antaranya berbagai macam primata.

4. Pulau Bakut, Kalimantan Selatan

Jika Anda penasaran dan ingin melihat primata asli Indonesia yaitu Bekantan, maka kunjungi Pulau Kalimantan. Salah satunya berlokasi di Pulau Bakut yang berada di Kabupaten Baritokuala, Kalimantan Selatan. Pulau ini berada di bawah Jembatan Barito. Pulau Bakut yang biasa disebut pulau bekantan, merupakan hutan lindung yang ditumbuhi tanaman liat, habitat asli para bekantan itu tinggal.

5. Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasikoki

Pusat Penyelamatan Hewan (PPS) Tasikoki merupakan kawasan tempat rehabilitasi satwa, salah satunya primata seperti monyet dan orang utan. Satwa-satwa yang berada di Tasikoki merupakan hasil sitaan dari perdagangan dan kepemilikan ilegal satwa dilindungi di kawasan Sulawesi Utara dan sekitarnya. Pengunjung dapat melihat satwa liar dan terancam punah yang tidak ada di Sulawesi seperti beruang madu, orangutan, kasuari, kera dan lainnya.

Kehadiran beberapa objek wisata ini tentu menjadi bukti bila indonesia layak menjadi syurganya tempat wisata dan bisa menjadi pilihan bagi para pengunjung untuk menikmati suasana berbeda. Ya bisa sambil belajar ragam hewan primata juga.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Ini Dia 5 Daerah di Indonesia yang Hadirkan Wisata Hewan Primata

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in