Mengerikan! Seniman Ini Makan Amandel Manusia di Tempat Umum Atas Nama Seni!


rick gibson

Kanibalisme merupakan praktik dimanaseseorang manusia memakan daging atau organ tubuh manusia lain.

Namun kanibalisme juga bukan merupakan praktikkhas suku-suku pedalaman. Kanibalisme juga sering dipraktikkan dengan berbagai alasan, mulai dari alasan politik, ritual sekte keagamaan hingga menakisme untuk bertahan hidup. Namun bagaimana jika praktik kanibalisme digunakan sebagai bagian dari pertunjukan seni?

Kanibalisme dipraktikkan sebagai bagian dari pertunjukan seni oleh seniman asal Kanada bernama Rick Gibson. Ia memang terkenal sebagai seniman yang nyeleneh. Karya seni atau seni-seni pertunjukannya sering membuat orang heran, bahkan marah. Ia pernah menciptakan karya seni berupa anting dengan bandul berupa janin berusia 10 minggu.
Karya seni antingnya tersebut ia pasang di sebuah manekin. Tak hanya itu, pada Desember 1989, ia berniat untuk menjatuhkan beton seberat 25 kilogram ke kepala tikus yang sudah diletakkan di antara dua kanvas.

rick

Namun seni pertunjukan yang ia rencanakan akan berlangsung pada 6 Januari 1990 tersebut gagal total. Pagi hari itu sekitar 300 aktivis pecinta binatang mencuri beton yang sedianya ia siapkan untuk menjatuhi kepala tikus malang tersebut.

Setahun berselang, ia kembali membuat publik Inggris heboh dengan aksinya yang lagi-lagi menjadikan praktik kanibalisme sebagai bagian dari seni pertunjukannya. Kali ini ia memakan potongan testis manusia.

Namun aksi tersebut digagalkan oleh kepolisian setempat dan ia pun diseret ke pengadilan atas tuduhan memamerkan objek menjijikkan di publik. Namun ia berhasil lolos dari tuduhan tersebut dan ketika ia berjalan menuruni tangga pengadilan Vancouver, ia akhirnya melakukan aksinya memakan testis manusia tersebut.

Ia mengaku bahwa ia sangat tertarik dengan pemisahan antara moral dan hukum. Ia membuktikan itu lewat aksi pertunjukan kanibalismenya. Kanibalisme merupakan sesuatu yang terlarang secara moral publik, tapi hal tersebut bukan merupakan tindakan melawan hukum, setidaknya di Inggris.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Mengerikan! Seniman Ini Makan Amandel Manusia di Tempat Umum Atas Nama Seni!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in