Jibakutai, Pasukan Bunuh Diri Asli Indonesia!


jibakutai

Di antara banyak jenis pasukan yang pernah ada di masa perjuangan kemerdekaan dulu, nama Jibakutai mungkin jarang diketahui banyak orang. Ya, dulu selain PETA, Heiho, atau KNIL, pernah ada pasukan yang bernama Jibakutai di Indonesia. Anggotanya adalah orang-orang Indonesia asli dan misi mereka hanya satu, yakni mati.

Dari namanya sendiri sebenarnya sudah ketahuan kalau Jibakutai adalah pasukan buatan Jepang. Ya, pasukan satu ini dibentuk oleh negeri matahari terbit itu pada bulan Desember 1944. Mereka berdampingan tapi tidak setara dengan PETA dan pasukan lainnya. Jibaku sendiri berarti “menyerang dengan menabrakkan diri pada musuh”. Inspirasi Jepang membuat pasukan satu ini adalah Kamikaze. Seperti yang kamu tahu, pasukan penerbang berani mati itu mencatatkan pencapaian maut di Perang Dunia II.

Dibentuk dengan misi agung, nyatanya Jibakutai tak pernah benar-benar terpakai dalam perang. Bahkan ketika Indonesia sudah melayangkan Proklamasi, pasukan ini belum pernah sekalipun meledak. Kemudian entah apa alasannya, para anggota Jibakutai mengganti nama mereka menjadi Barisan Berani Mati (BBM)

Pasukan berani mati ini baru menunjukkan tajinya ketika Sekutu tiba di Surabaya pada November 1945. Seakan jadi luapan kegembiraan akibat menanti terlalu lama, BBM berhasil dengan gemilang menghajar pasukan yang mencoba menjajah kembali NKRI itu. Bermodal tekad luar biasa serta bom di tubuh, barisan berani mati dengan girasnya menubrukkan diri di badan tank-tank sekutu yang sekejab kemudian meledak-ledak dengan hebat.

Gila dan patriotik, dua kata yang pas disematkan kepada pasukan berani mati ini. Seperti tak ada beban, orang-orang BBM berlarian menuju kawalan sekutu. Pasukan pemenang Perang Dunia II ini pun geleng-geleng dan terperanjat melihat kejadian itu. Atas aksi nekat dan gila para anggota BBM, sekutu pun menelan kerugian yang tak main-main.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Jibakutai, Pasukan Bunuh Diri Asli Indonesia!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in