Tips Sederhana Menjadi Backpaker Agar Traveling Lebih Seru


Hotel-transilvania-hotel-transylvania-3

Trveling menjadi pilihan banyak orang saat akhir pekan atau libur panjang untuk refreshing dari aktivitas setiap harinya. Tapi biaya yang mahal sering menjadi hambatan untuk traveling. Padahal ada banyak cara agar traveling lebih murah dan menyenangkan. Traveling ala backpacker bisa menjadi pilihan. Walaupun terkesan nekat dan butuh keberanian, justru hal itu yang akan membuat trip Anda menyenangkan dan lebih murah.

Ini beberapa tips yang akan membuat kamu lebih siap menjadi backpacker.

1. Buatlah Itinerary Perjalanan

maxresdefault

Hal ini sangat berperan penting bagi backpacker, terutama bagi pemula. Kamu pasti tidak ingin kan perjalananmu berantakan karena tak tahu apa-apa? Dengan membuat itinerary akan membantumu untuk meminimalisir masalah-masalah tak terduga yang terjadi. Pastikan untuk membuat itinerary yang mempermudah perjalananmu. Umumnya itinerary ini berisi jadwal setiap perjalanan, tempat yang akan di kunjungi. Selain itu perkirakan juga budget yang dibutuhkan.

2. Kumpulkan Informasi Destinasi Perjalanan

woman-thinking-about-traveling

Informasi ini biasanya seputar kebiasaan masyarakatnya, makanannya, kurs mata uangnya, budayanya, bahasanya, keamanannya, dan sebagainya. Jika kamu masih kebingungan mendapatkan informasi ini cobalah untuk mengumpulkan referensi dari para travel blogger. Informasi yang kamu dapatkan akan lebih lengkap dan valid karena berdasarkan pengalaman mereka.

3. Persiapkan akomodasi dan transportasi

prize-02

Selain pilihan destinasi, dua hal ini juga sangat penting. Cobalah untuk menggunakan trasnsportasi umum selain untuk menghemat pengeluaran, keuntungan lainnya membantu kamu untuk lebih berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Siapa tahu kamu mendapatkan informasi tempat oleh-oleh murah dan surga-surga wisata tersembunyi. Sering-seringlah mengecek tiket promo pesawat maupun kereta supaya pengeluaranmu semakin irit. Untuk akomodasi pastikan dekat dengan destinasi perjalanan dan juga akses komunikasi yang mudah agar lebih aman jika terjadi hal-hal tak terduga.

4. Bawalah Barang Seperlunya

photo-1506169894395-36397e4aaee4

Tentukan barang apa saja yang akan dibawa. Pastikan untuk membawa barang seperlunya. Seperti pakaian, peralatan ibadah, peta tempat tujuan, kamera, alat komunikasi, charger, alat tulis, perlengkapan P3K pribadi dan sebaginya. Usahakan membawa satu ransel saja dan tas slempang kecil untuk barang-barang yang akan sering kamu keluarkan. Buatlah daftar barang-barang apa saja yang kamu bawa agar kamu tahu jika ada barang yang tertinggal ataupun hilang.

5. Kendalikan Keinginan yang Berlebihan Saat Perjalanan

over-budget

Pergi ke tempat yang baru memang menyenangkan bahkan terkadang membuat kita lupa diri. Seperti membeli barang ini itu secara berlebihan, berfoto disana sini dan sebagainya. Membuat lupa dengan itinerary yang dibuat saat awal. Padahal ini bisa membuatmu banyak kehilangan waktu dan uang. Dua hal ini penting dari setiap perjalanan. Jadi cara terbaik adalah mendisplinkan diri dan fleksibel, sesuaikan dengan waktu dan budget yang dimiliki.

Nah, kamu sudah tahu tips-tips nya kan! Jadi, kamu tunggu apalagi? Ambil ranselmu dan segera lakukan petualangan terhebatmu! Banyak pengalaman yang akan kamu dapatkan, menambah wawasan dan juga pertemanan serta meningkatkan rasa percaya diri serta kemandirianmu.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Tips Sederhana Menjadi Backpaker Agar Traveling Lebih Seru

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in