Heterochromia, Kelainan Mata yang Bikin Mata Beda Warna


Heterochromia, Penyakit atau Keajaiban

Heterochromia, adalah sebutan kelainan atau penyakit yang membuat iris mata kanan dan kiri memiliki warna yang berbeda. Biasanya, kelainan ini dapat ditemukan pada hewan kucing atau anjing. Namun, tidak memungkinkan bahwa manusia juga dapat memiliki kelainan heterochromia. Kelainan ini tidak memandang gender dan usia.

Heterochromia bisa terjadi akibat kelinan pigmen, DNA, kekurangan melanin, trauma atau cedera pada mata, penyakit glaukoma, pengaruh obat tertentu, dan penyakit neuroblastoma. Pada sebagian besar kasus, heterochromia tidak disertai penyakit lain namun menjadi gejala suatu penyakit yang lain.

heterochromia penuh, heterochromia setengah dan heterochromia pusat
heterochromia penuh, heterochromia setengah dan heterochromia pusat

Menurut bentuknya, heterochromia dibagi menjadi 3 yakni heterochromia sebagian, penuh dan pusat. Kebanyakan, yang terjadi pada manusia ialah heterochromia penuh atau komplit, dimana seluruh permukaan iris berbeda warna dengan iris mata satunya. Namun, bukan berarti jenis heterochromia lain tidak bisa terjadi pada manusia.

Jika heterochromia menunjukkan tanda dari gejala suatu penyakit maka awal mulanya, kelainan heterochromia memang tidak menunjukkan gejala aneh, namun seiring perkembangan usia bisa jadi kelainan tersebut akan mengganggu mata, seperti bentuk mata yang aneh hingga gejala penyakit mata yang kronis.

Akan tetapi, jika heterochromia tidak menunjukka gejala suatu penyakit maka kelainan ini bukanlah suatu penyakit yang berbahaya. Meski hingga sekarang belum ditemukan obatnya, belum ada kasus kematian pada penderita heterochromia.

 

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Heterochromia, Kelainan Mata yang Bikin Mata Beda Warna

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in